Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hormati Jurnalis Ida B. Wells, Barbie Luncurkan Boneka Baru

Kompas.com - 14/01/2022, 17:33 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen boneka Barbie Mattel memberikan penghormatan khusus kepada mendiang jurnalis dan aktivis kulit hitam, Ida B. Wells lewat peluncuran boneka terbarunya.

Rilisan yang akan datang ini adalah bagian dari seri Inspiring Women, dan akan secara resmi diluncurkan pada 17 Januari 2022.

Didesain dengan gaya tradisional khas Wells, boneka ini ditampilkan mengenakan gaun vintage hitam sepanjang lantai dengan kerah berhiaskan renda putih.

Baca juga: Rambah Fesyen Virtual, Balmain X Barbie Luncurkan Koleksi NFT Terbatas

Boneka ini juga tampak memiliki gaya rambut updo bertekstur sambil memegang replika mini koran Memphis Free Speech, di mana Wells menjadi editor dan pemilik dari koran tersebut.

Seorang penulis, sejarawan publik, dan cicit dari Wells, Michelle Duster pun mengapresiasi hal ini.

Produsen boneka Barbie Mattel memberikan penghormatan khusus kepada mendiang jurnalis dan aktivis kulit hitam, Ida B. Wells lewat peluncuran boneka terbarunya.VIA GOOD MORNING AMERICA Produsen boneka Barbie Mattel memberikan penghormatan khusus kepada mendiang jurnalis dan aktivis kulit hitam, Ida B. Wells lewat peluncuran boneka terbarunya.
Dia merasa, Barbie telah memilih untuk menghormati Wells dengan cara yang unik dan mengagumkan.

"Nenek buyut saya adalah seorang perintis yang dengan berani mengikuti keyakinannya dan memperjuangkan hak-hak sipil, serta hak pilih perempuan," kata Duster.

Baca juga: Luput Hadirkan Barbie Atlet Asia, Mattel Dianggap Diskriminatif

"Ini adalah kesempatan luar biasa untuk menyoroti kebenarannya dan warisan abadi untuk memberdayakan generasi baru guna menyuarakan apa yang mereka yakini," imbuh dia.

Selain karya jurnalisme yang luar biasa dan perjuangannya terhadap rasisme, Wells juga dikenal sebagai peneliti yang memainkan peran penting dalam membawa perhatian pada hak pilih perempuan dan ketidakadilan sipil.

Baca juga: Ryan Gosling Bakal Perankan Karakter Ken di Live-Action Barbie

Dia juga ikut mendirikan dan bekerja sebagai kontributor utama untuk organisasi seperti National Association of Colored Women's Clubs (NACWC) pada tahun 1896.

Dia juga berandil di National Association for the Advancement of Colored People (NAACP) pada tahun 1909.

Organisasi tersebut secara kolektif memperjuangkan kebebasan, keadilan, dan kesempatan yang sama bagi semua orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com