Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 06/02/2024, 05:13 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber rd.com

KOMPAS.com - Tahun Baru China atau lebih dikenal orang Indonesia sebagai Imlek memang lekat dengan sejumlah tradisi.

Tradisi yang dijalankan tidak sekadar untuk menyemarakkan Imlek, tapi juga dipercaya orang China membawa keberuntungan atau mengusir nasib sial.

Direktur Eksekutir Pusat Kebudayaan China di San Fransisco, Jenny Leung, menjelaskan bahwa tradisi Imlek di berbagai daerah berbeda-beda.

Misalnya, orang-orang di China utara memakan pangsit pada malam Imlek, sementara orang-orang di China selatan menyiapkan kue beras sebagai lambang kehidupan yang lebih baik di Tahun Baru.

Walau setiap orang punya cara yang berbeda, kebanyakan orang lebih memilih berkumpul dan makan bersama keluarganya ketika Imlek.

Leung menambahkan, dari berbagai tradisi yang dijalankan di China, Imlek sebenarnya dirayakan untuk memulai hari pertama musim semi menurut penanggalan bulan.

“Secara historis, merayakan Imlek di China dimaksudkan untuk berdoa memohon berkah pertanian di tahun baru. Oleh karena itu, bersembahyang kepada leluhur menjadi hal penting," tambahnya.

Baca juga: Serba-serbi Imlek: Awal Mula, Tradisi, hingga Pantangan

Dari sekian banyaknya tradisi Imlek yang dilakuka orang China, ternyata ada 8 yang paling populer.

Untuk kamu yang penasaran, simak daftarnya yang berikut ini.

1. Membersihkan rumah

Karena setiap tahun dipandang sebagai awal yang baru, jadi memulai tahun dengan rumah yang bersih adalah hal penting.

“Menjelang Tahun Baru harus membersihkan sebanyak mungkin untuk menghilangkan nasib buruk dan perasaan sakit yang tersisa dari tahun sebelumnya,” ujar Pemimpin Redaksi Majalah Mochi, Giannina Ong.

"Tapi saat Imlek, kamu tidak boleh bersih-bersih sama sekali. Tahun Baru membawa keberuntungan dan bersih-bersih akan menghilangkannya."

"Jadi, tidak perlu mengelap, tidak menyapu, tidak mandi, dan tinggalkan saja piring kotor dari perayaan Imlek di dapur,” katanya.

2. Menghias rumah

Ilustrasi membersihkan rumah dan menghias rumah dengan pernak-pernik Imlek.PEXELS/RODNAE PRODUCTION Ilustrasi membersihkan rumah dan menghias rumah dengan pernak-pernik Imlek.
Ada beberapa dekorasi yang wajib terpasang ketika Imlek, salah satunya adalah warna merah.

Ong mengatakan, merah lekat dengan Imlek sebab dipercaya sebagai tanda api yang melambangkan kehidupan baru dan kemakmuran.

Halaman:
Sumber rd.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com