Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Koleksi Terakhir Virgil Abloh Terinspirasi dari Salvador Dali?

Kompas.com - 22/01/2022, 10:54 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Virgil Abloh memang telah tiada. Namun, karya mantan Direktur Artistik Louis Vuitton dan pendiri Off-White itu tetap mentereng di jagat fesyen.

Sebelum meninggal di usia 41 tahun, dia diketahui sempat merancang koleksi pria Louis Vuitton untuk Musim Gugur/ Dingin yang sudah selesai 95 persen.

Sayangnya, Abloh pergi lebih dulu dan rancangan itu menjadi karya terakhirnya bagi rumah mode asal Prancis tersebut.

Untuk menghormati karya-karya Abloh, Louis Vuitton menampilkan koleksi terakhirnya dalam Paris Fashion Week pada Kamis (20/1/2022).

Karya Abloh dipamerkan dengan latar surealis yang menampilkan rumah berwarna biru dan atap merah, sementara model yang menampilkan koleksinya berjalan di depan.

Di akhir acara, penonton berdiri untuk menghormati sosok Abloh. Namun, koleksi Louis Vuitton untuk Musim Gugur/ Dingin justru mengundang pertanyaan.

Pasalnya, beberapa orang menilai koleks terakhir Abloh terinspirasi dari sosok pelukis surealis asal Spanyol, Salvador Dali. Apakah benar demikian?

Abloh mengagumi Dali

Koleksi terakhir Virgil Abloh untuk Musim Gugur/ Dingin 2022 dinilai terinspirasi dari pelukis surealis asal Spanyol, Salvador Dali.Louis Vuitton Koleksi terakhir Virgil Abloh untuk Musim Gugur/ Dingin 2022 dinilai terinspirasi dari pelukis surealis asal Spanyol, Salvador Dali.
Louis Vuitton di akun Instagram resminya telah memamerkan koleksi Abloh melalui serangkaian foto yang tampaknya terinspirasi oleh Dalí.

Abloh memang dikenal sebagai penggemar artis asal Negeri Matador tersebut, setelah dia menampilkan gambar jam yang meleleh pada hoodie buatan Off-White.

Dia juga terinspirasi dari karya kontemporer Dali, Rene Magritte, yang lukisannya dipenuhi awan dan direferensikan secara langsung dalam peragaan busana pria Louis Vuitton Musim Gugur/ Dingin 2020.

Pada Musim Gugur/ Dingin 2022, Abloh berkreasi dengan bentuk dan rupa yang sangat sesuai dengan semangat lukisan Dalí.

Barang-barang kulit dalam koleksi termasuk "transparent Keepall" yang menampilkan tas monogram ikonik Louis Vuitton diubah dengan pola kotak-kotak.

Yang lebih menarik lagi adalah koper kulit Louis Vuitton, koleksi utama LV Abloh yang telah dikerjakan ulang denganmirrored leather dan bahan yang ramah lingkungan.

Pada koleksi LV di musim ini, bentuknya menjadi melengkung dan terlihat seperti benda cair seperti lukisan jam meleleh buatan Dali.

Karya Abloh lainnya yang juga ditampilkan adalah serangkaian tas kulit crossbody warna-warni yang bentuknya mirip dengan kaleng cat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Louis Vuitton (@louisvuitton)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com