Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baby Shark, Video YouTube Pertama yang Lampaui 10 Miliar Penonton

Kompas.com - 23/01/2022, 07:19 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar orangtua yang masih memiliki anak bayi atau balita pastinya sudah tidak asing dengan lagu yang menyenangkan satu ini.

Ya, apalagi kalau bukan Baby Shark.

Menariknya, video musik dari Baby Shark Dance ini telah menjadi video YouTube pertama yang memiliki penonton hingga 10 miliar.

Dengan demikian, lagu yang dinyanyikan oleh Pinkfong dan pertama kali diunggah pada tahun 2016 ini menjadi video musik anak-anak yang paling banyak dilihat di YouTube.

Sebelumnya video Despacito dari Luis Fonsi pada tahun 2020 sebagai video musik yang paling banyak dilihat di YouTube dan video yang paling banyak dilihat di YouTube secara keseluruhan.

Diketahui, lagu Baby Shark kemungkinan besar berasal dari lagu api unggun di abad ke-20 ini.

Baca juga: Cetak Rekor Dunia, Pria Ini Lahap 76 Hotdog dalam 10 Menit

Selama nyanyian, para pekemah menggunakan tangan mereka untuk meniru berbagai bentuk dan ukuran rahang Baby Shark, Mommy Shark, Daddy Shark, Grandma Shark, dan Grandpa Shark.

Sementara versi Pinkfong membuat hiu (shark) pergi berburu dan kemudian melarikan diri. Lalu versi lain dari lagu tersebut menunjukkan hiu memakan pelaut dan manusia lainnya.

Lagu yang juga pernah dinyanyikan oleh Hope Segoine yang saat itu berusia 10 tahun telah mencapai posisi ke-32 di US Billboard Hot 100 dan nomor 38 di Global 200.

Menjadi viral

Video YouTube ini pun menjadi sangat viral di Indonesia, Korea Selatan, dan dengan sangat cepat menyebar ke seluruh Asia maupun sekitarnya pada tahun 2017.

Popularitas tarian dari lagu ini bahkan naik ke tingkat yang lebih tinggi setelah dibawakan oleh girlband pemegang Guinness World Records, Blackpink.

Kemudian pada Februari 2021, Baby Shark pun memiliki lebih banyak penonton di YouTube sebanyak 10 miliar yang diputar berturut-turut.

Kendati demikian, Despacito masih menjadi video yang paling banyak disukai di YouTube dengan 47 juta likes pada Januari 2022, sedangkan Baby Shark hanya mendapatkan 33 juta likes.

Baca juga: Pria Inggris Catatkan Rekor Dunia untuk Tumpukan Permen Tertinggi

Despacito juga memegang rekor sebagai video YouTube pertama yang menerima lima miliar penayangan.

Video-video yang paling banyak dilihat

Sejak tahun 2010, YouTube telah menjadi platform video yang sangat diminati.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com