Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Cara Mengusir Lalat, dari Aroma hingga Perangkap

Kompas.com - 08/02/2022, 13:24 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kehadiran lalat di rumah kita tentunya sangat tidak diinginkan. Bukan hanya mengganggu, namun lalat juga merupakan vektor penyakit berbahaya seperti diare, demam tifoid, disentri, kolera, dan lainnya.

Bahkan di beberapa tempat kehadiran lalat sangat ‘diharamkan’ seperti di area dapur, restoran, café, dan coffee shop.

Selain bahaya penyakit yang dapat disebabkan oleh lalat, reputasi brand yang susah payah dibangun dapat terancam karena serangga tersebut.

Karenanya kita bisa mencoba mengusir lalat dengan beberapa cara berikut:

1. Menaruh bau yang dibenci lalat

Lalat juga tidak menyukai bau kayu manis. Jika ingin menggunakannya sebagai cara mengusir lalat, kita dapat menggantungnya di sudut-sudut yang menjadi tempat masuk lalat.Unsplash/Luisa Schetinger Lalat juga tidak menyukai bau kayu manis. Jika ingin menggunakannya sebagai cara mengusir lalat, kita dapat menggantungnya di sudut-sudut yang menjadi tempat masuk lalat.
Beberapa bau bisa mencegah lalat berkeliaran di rumah dan tidak beracun, sehingga aman digunakan di dalam rumah.

Beberapa bau yang bisa digunakan sebagai cara mengusir lalat dengan cepat antara lain kemangi, cengkeh, mint, lavender, kayu manis, dan sari cuka apel.

Kita bisa menaruh wewangian tersebut dengan menanam tanamannya atau menggunakan pengharum ruangan, lilin, minyak atsiri, atau diffuser dengan aroma tersebut.

Baca juga: 9 Aroma untuk Mengusir Lalat dari Rumah

2. Membuat semprotan pengusir lalat

Membuat semprotan bisa menjadi pilihan cara mengusir lalat dengan cepat.

Cara membuatnya adalah mencampurkan sabun cuci piring, air, soda kue, dan cuka. PIXABAY/SQUIRREL_PHOTOS Membuat semprotan bisa menjadi pilihan cara mengusir lalat dengan cepat. Cara membuatnya adalah mencampurkan sabun cuci piring, air, soda kue, dan cuka.
Membuat semprotan bisa menjadi pilihan cara mengusir lalat dengan cepat.

Cara membuatnya adalah mencampurkan sabun cuci piring, air, soda kue, dan cuka. Masukkan cairan campuran tersebut ke dalam botol semprot.

Campuran tersebut harus mengandung beberapa tetes sabun cuci piring, serta satu sendok makan cuka dan soda kue per cangkir air. Semprotan ini bisa menjadi cara mengusir lalat yang efektif.

Kita bisa menyemprotkannya ke area di mana lalat biasa berkeliaran, misalnya di sekitar taman, dapur, dan kamar mandi.

3. Semprotan pembunuh lalat

Sebagai cara mengusir lalat yang membandel, kita bisa membuat campuran setengah cangkir air, setengah cangkir isopropil alkohol, dan satu sendok teh cairan pencuci piring. Kemudian, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.SHUTTERSTOCK/THAMYRIS SALGUEIRO Sebagai cara mengusir lalat yang membandel, kita bisa membuat campuran setengah cangkir air, setengah cangkir isopropil alkohol, dan satu sendok teh cairan pencuci piring. Kemudian, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.
Sebagai cara mengusir lalat yang membandel, kita bisa membuat campuran setengah cangkir air, setengah cangkir isopropil alkohol, dan satu sendok teh cairan pencuci piring.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com