Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teh Hijau, Minuman Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan?

Kompas.com - 09/02/2022, 13:06 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berbagai metode untuk menurunkan berat badan banyak bermunculan di media sosial. Mulai dari minuman serbuk peluruh lemak, pil pelangsing, sampai pola makan yang ekstrem.

Mungkin cara tersebut bisa menurunkan berat badan secara instan. Tapi yakin cara itu sehat untuk tubuh? Daripada menerapkan cara tersebut, para ahli gizi merekomendasikan untuk minum teh hijau secara rutin.

Dikutip dari Yahoo Life, teh hijau telah lama dikaitkan dengan segudang manfaat kesehatan, termasuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Teh Hijau, Herbal Terbaik untuk Memperlambat Penuaan

Kunci penurunan berat badan ada pada metabolisme tubuh. Meski air putih dapat meningkatkan metabolisme juga, tapi kandungan pada teh hijau bisa berperan lebih dari itu.

"Teh hijau tentu bukan obat penurun berat badan. Tapi jika Anda menyukai rasa dan menikmati saat meminumnya. Konsumsi teh hijau setiap hari dapat melengkapi rutinitas makan yang sehat dan membantu menurunkan berat badan secara bertahap," ujar Stefani Sassos, MS, RDN, CDN, Ahli Gizi untuk Good Housekeeping Institute.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa teh hijau mengandung kafein dan katekin (sejenis antioksidan) yang dapat menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca juga: 8 Makanan untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tingkat metabolisme adalah jumlah kalori yang dibakar saat melakukan berbagai aktivitas fisik. Dengan mengonsumsi teh hijau, maka metabolisme tubuh jadi lebih tinggi.

Menyeruput teh hijau sebelum berolahraga bisa menjadi stimulan yang baik untuk membakar lebih banyak kalori di tubuh.

Namun perlu diingat, teh hijau tetap mengandung kafein dan sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan.

"Kafein memiliki peran positif pada kinerja fisik. Tapi kalau dosisnya berlebihan juga berbahaya dan menyebabkan efek samping seperti kecemasan hingga sakit perut," tambahnya.

Dalam proses penurunan berat badan yang sehat dengan teh hijau, baiknya harus diimbangi dengan pola makan yang tepat.

Seperti mengonsumsi sayuran, buah segar, biji-bijian, protein dan lemak sehat, olahraga serta cukup istirahat. Tak lupa juga untuk menghindari asupan gula berlebih.

Baca juga: 5 Panduan Nutrisi dalam Makanan Sehat

"Minum secangkir teh hijau tanpa gula dan pola makan sehat dapat meningkatkan penurunan berat badan dalam jangka panjang," papar Stefani.

Lebih dari itu, teh hijau juga mengandung antioksidan tinggi, alkaloid, protein, asam amino, vitamin dan mineral penting.

Beberapa manfaat dari senyawa ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah kanker, memiliki efek anti-peradangan hingga menangkal radikal bebas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com