Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor, Louis Vuitton x Nike Air Force 1 by Virgil Abloh Terjual Rp 5 Miliar

Kompas.com - 11/02/2022, 10:15 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Seiring dengan semakin dekatnya waktu penutupan lelang bagi sneaker “blockbusterLouis Vuitton x Nike Air Force 1 by Virgil Abloh, harga penjualan pun mulai diumumkan

Mayoritas sneaker itu terjual dengan hargafantastis, hampir menyentuh 100.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Kendati demikian, jumlah itu belum mampu mengalahkan Lot 1 (dalam ukuran 5 di AS), sneaker kolaborasi Nike dan Virgil Abloh lainnya, yang berhasil terjual dengan harga lebih tinggi.

Baca juga: Dilelang, Sneaker Louis Vuitton x Nike Air Force Karya Virgil Abloh Ini Dihargai Rp 1,2 Miliar

Sneaker Louis Vuitton x Nike Air Force 1 by Virgil Abloh ini dijual terbatas, sebanyak 200 pasang untuk setiap ukurannya.

Namun, ukuran 5 AS yang dijual via platform lelang Sotheby dapat meraih hammer price senilai 352.800 dolar AS atau sekitar Rp5 miliar.

Harga tersebut lebih mahal dari mayoritas sneaker yang sama dalam ukuran lainnya.

Harga tersebut menjadikannya sneaker termahal sepanjang masa, yang berhasil terjual dengan harga 23,5 kali lebih tinggi dibanding estimasi harga aslinya.

Capaian ini pun menjadi  dua kali lebih mahal dibanding sneaker termahal kedua.

Baca juga: Benarkah Koleksi Terakhir Virgil Abloh Terinspirasi dari Salvador Dali?

Sneaker termahal kedua ini adalah snaker yang sama, namun dengan ukuran 5,5 AS. Harga sepatu ini adalah 176.400 dolar AS atau sekitar Rp 2,5 miliar.

Lalu seperti yang diumumkan ketika kolaborasi itu diluncurkan, hasil penjualan dari sneaker Louis Vuitton x Nike Air Force 1 by Virgil Abloh ini akan disumbangkan ke Virgin Abloh “Post-Modern” Scholarship Fund.

Platform penggalangan dana tersebut didirikan oleh mendiang Virgil Ablog dengan bermitra bersama Fashion Scholarship Fund.

Tujuan lembaga itu adalah untuk mendukung pendidikan siswa-siswi berprestasi secara akademis dari keturunan kulit hitam, Afrika-Amerika, atau Afrika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com