Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim CV Lebih dari Satu Kali untuk Posisi yang Sama, Boleh Enggak Sih?

Kompas.com - 16/02/2022, 14:32 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber monster

KOMPAS.com - Saat menjadi jobseeker, melihat lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan bisa membuat kita semangat untuk langsung kirim CV (curriculum vitae).

Tapi setelah menunggu beberapa pekan, ternyata belum ada panggilan dan lowongan tersebut masih terpajang di situs pencarian kerja. Boleh nggak sih kita kirim CV lebih dari satu kali untuk posisi yang sama?

Sebagaimana dikutip Monster, situs pencarian kerja yang berbasis di Hong Kong, mengirim CV lebih dari satu kali untuk posisi yang sama tidak meningkatkan peluang kita untuk dipanggil oleh rekruter.

Baca juga: Penting untuk Melamar Kerja Selain CV, Ini Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia

Sebenarnya hal pertama yang perlu ditanamkan pada diri sendiri adalah seberapa pentingkah kita melamar pekerjaan untuk posisi yang sama lebih dari satu kali? Apalagi kita tahu lamaran yang dikirim sebelumnya tidak mendapat respons apa-apa.

Dalam hal ini, ada sejumlah kemungkinan yang bisa terjadi dalam proses rekrutmen di perusahaan tersebut.

Lamaran kerja ditolak

Kemungkinan yang pertama mungkin lamaran kita ditolak. Anggap saja kita sudah pernah mengikuti sesi wawancara kerja, tapi selama proses berlangsung kita tidak diberi tahu bahwa kita tidak lolos seleksi.

Kemudian kita mengirim lamaran untuk posisi yang sama dalam waktu dekat. Hasilnya apa? Jika bukan karena satu dan lain hal, bisa jadi lamaran kita justru diabaikan.

Perlu diketahui, proses rekrutmen biasanya memakan waktu sekitar dua minggu untuk merekrut kandidat terbaik. Lebih dari waktu tersebut atau bahkan lebih lama dan tidak ada kabar, kemungkinan lamaran kita memang sudah ditolak.

Apakah CV tidak dibaca oleh rekruter?

Anggapan ini sering kali membuat kita berpikir untuk mengirim CV ke posisi yang sama lebih dari satu kali.

Jika lamaran kita kirim lewat online, biasanya tim HRD punya aplikasi khusus untuk menyortir setiap CV yang masuk. Kemungkinan selanjutnya yang terjadi, CV kita memang terlewat dan tidak dibaca.

Atau perusahaan tengah melakukan rekrutmen besar, dokumen yang masuk terlalu banyak dan surat lamaran kita jadi terlewat.

Baca juga: Ternyata HRD Cuma Butuh 7,4 Detik untuk Melihat CV Lamaran Kerja

Menanggapi dua kemungkinan di atas, sebenarnya tidak ada yang salah jika mengirim CV lebih dari satu kali. Tapi dengan catatan beberapa perubahan perlu dilakukan pada CV yang akan kita kirim untuk kedua kalinya.

Situs pencarian kerja yang berbasis di Hong Kong ini menyarankan untuk mengubah pendekatan resume menyerupai mesin pencari, biar CV kita lebih mudah terdeteksi.

Beberapa poin yang harus diganti antara lain tata letak informasi, serta ukuran huruf dan alurnya. Setiap informasi disarankan untuk menggunakan gaya bahasa berbeda.

Lalu perhatikan juga deskripsi pekerjaan dan kata kunci yang digunakan terkait pengalaman atau keahlian yang dimiliki sesuai dengan persyaratan yang diminta.

Baca juga: Terlalu Gemuk, Pencari Kerja Inggris Ditolak saat Melamar Kerja

Bersabar

Saat melamar kerja, sebaiknya lapangkan dada seluas mungkin. Sabar, berusaha dan berdoa bisa membantu kita biar tetap waras menjalani kehidupan.

Jalin koneksi yang baik dan menguasai keterampilan lainnya di sela-sela waktu mencari pekerjaan bisa meningkatkan value kita sebagai jobseeker.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber monster
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com