Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suplemen dan Serum Vitamin C, Manakah yang Terbaik bagi Kulit?

Kompas.com - 20/02/2022, 08:22 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh, vitamin C juga sebenarnya memiliki manfaat besar untuk kulit.

Misalnya saja, untuk proses biosintesis kolagen, yang merupakan salah satu bahan utama penyusun kulit. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat membantu mencerahkan dan mengurangi kemerahan.

Tak heran, vitamin C pun kerap dijadikan salah satu bahan baku produk-produk kecantikan.

Umumnya, mereka yang ingin memiliki kulit cantik pun berusaha mendapatkan asupan vitamin C untuk kulitnya melalui cara topikal. Artinya, dengan menggunakan produk skincare bervitamin C tersebut.

Namun, bagaimana dengan pengaruh konsumsi vitamin C secara oral pada kulit?

"Vitamin C oral melalui suplemen dan diet sangat penting untuk produksi kolagen menghasilkan kulit yang kencang serta awet muda, dan melindungi serta memulihkan skin barrier," kata Ife J.Rodney, MD, direktur pendiri Eternal Dermatology + Aesthetics di Maryland.

Baca juga: Jangan Gabungkan Skincare Niacinamide dan Vitamin C, Ini Sebabnya

Artinya, vitamin C, baik oral maupun topikal sama pentingnya untuk kulit. Namun, bagaimana cara kerjanya?

Berikut paparannya.

Bagaimana vitamin C oral dan topikal bekerja sama

Menurut dokter kulit, penggunaan produk dengan vitamin C berbentuk topikal atau dioleskan merupakan cara terbaik untuk menyehatkan kulit.

"Vitamin C topikal dapat melindungi kulit dari radikal bebas, menghambat produksi pigmentasi abnormal, dan bertindak sebagai kofaktor untuk produksi kolagen baru,” ujar Joshua Zeichner, M.D., director of cosmetic and clinical research in dermatology di Mount Sinai Hospital, New York.

Lalu menurutnya, produk topikal seperti serum Vitamin C umumnya digunakan untuk mencerahkan kulit, dan melindungi kulit dari stres oksidatif.

Sementara itu, Rodney berpendapat bahwa vitamin C dapat membantu menghadapi radikal bebas yang dapat memmpercepat penuaan.

Dia juga menambahkan bahwa vitamin C topikal dapat membantu meningkatkan kekuatan sunscreen dan membuat penghalang antioksidan tambahan.

Nah untuk mendapatkan manfaat terbaik, Gary Goldenberg, M.D., dari Goldenberg Dermatology mengatakan bahwa sebaiknya kita mengonsumsi vitamin C secara oral dan topikal.

“Vitamin C oral penting untuk kesehatan secara keseluruhan, sementara vitamin C topikal adalah antioksidan penting untuk kesehatan kulit. Ketika digunakan bersama, keduanya meningkatkan penampilan dan fungsi kulit," ujarnya.

Apa yang perlu dicari dari suplemen vitamin C untuk kulit?

Jika mencari suplemen vitamin C, pastikan untuk mengonsumsi vitamin yang dapat membantu kita memenuhi segala kebutuhan.

Jadi, suplemen berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk memaksimalkan bioavailabilitas dan retensi seluler serta meningkatkan aktivitas antioksidan tubuh adalah vitamin terbaik.

KIta juga sebaiknya tidak mengonsumsi vitamin C berbentuk permen atau gummy. Sebab, vitamin seperti ini memiliki gula tambahan, pewarna, perasa, dan kalori yang tidak dibutuhkan tubuh.

Intinya, mengonsumsi suplemen berkekuatan tinggi dengan penyerapan yang optimal meruapakan cara yang bagus untuk memastikan kebutuhan dan kesehatan kulit terpenuhi secara optimal.

Baca juga: 10 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Wajah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com