Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kikuchi no Manma Hinoshizuku, Stroberi Termahal danTermanis Asal Jepang

Kompas.com - 21/02/2022, 11:13 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Stroberi memang dikenal memiliki rasa lezat, membuatnya memiliki banyak penggemar.

Nah, penggemar stroberi mungkin akan menyukai Kikuchi no Manma Hinoshizuku, stroberi asal Jepang yang memiliki aroma dan rasa manis.

Dilansir dari Lifestyle Asia, buah stroberi ini dirawat dengan sangat hati-hati saat tumbuh dan diberi pupuk dari gula yang menjanjikan aroma dan rasa manis.

Tak heran, harga buah ini cukup fantastis, seperti beberapa buah asal Jepang lainnya.

Ya, Jepang memang dikenal serius soal mengurus buah-buahan.

Negeri matahari terbit ini memiliki semangka berbentuk persegi dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,3 juta per buahnya. Bentuknya yang unik ini membuatnya tak hanya untuk dikonsumsi, tapi juga untuk dekorasi.

Lalu, ada pula anggur dari varietas Ruby Roman yang dilelang dengan harga sekitar Rp165 juta per ikatnya.

Stroberi-stroberi Jepang juga mengalami hal yang sama. Buktinya, satu kotak stroberi Jepang bisa dibanderol mulai dari harga Rp 183 ribu hingga melebihi Rp 1,6 juta, seperti stroberi Kikuchi no Manma Hinoshizuku.

Namun, harga fantastis itu bukan tanpa alasan.

Sebab, Kikuchi no Manma Hinoshizuku adalah stroberi langka yang hanya tumbuh di prefektur Kumamoto, khususnya di area Kikuchi, di mana alamnya subur dan airnya diklaim sebagai salah satu dari 100 air terbaik di Jepang karena kejernihannya.

Lalu, eksklusivitasnya berasal dari jumlahnya yang terbatas per panen musiman, dengan satu semak stroberi hanya menghasilkan empat hingga lima buah saja. Padahal, satu kotak berisi 1kg stroberi biasanya berisi 18 hingga 30 buah, tergantung musim.

Baca juga: Mahalnya Stroberi Korea, Buah Favorit Sisca Kohl

Cara membersihkan stroberi bisa menggunakan air mengalir atau campuran bahan lain, seperti cuka, garam, dan soda kue. PIXABAY/CROISY Cara membersihkan stroberi bisa menggunakan air mengalir atau campuran bahan lain, seperti cuka, garam, dan soda kue.
Stroberi Kikuchi no Manma Hinoshizuku dapat dibedakan dari batangnya yang pendek, bagian atas yang berdaun, dan warnanya yang sangat merah.

Stroberi satu ini juga cukup besar, bulat, montok, dan meruncing ke bagian bawah, benar-benar ideal untuk sebuah stroberi.

Ukurannya yang besar ini masuk ke dalam ukuran 4L (lebih dari 28g) dalam kategori ukuran buah beri.

Musim Kikuchi no Manma Hinoshizuku biasanya berlanjut hingga April, namun beberapa pedagang grosir, seperti pedagang Hong Kong, biasanya menghentikan impor sekitar akhir Februari dengan alasan suhu dan kelembapan tinggi yang mempercepat kerusakan.

Lalu soal rasa, Kikuchi no Manma Hinoshizuku tergolong premium.

Tidak seperti yang biasa ada di supermarket, stroberi ini padat akan daging buah, dan tingkat kemanisannya (diukur di ujung buah) mencapai 15,6. Padahal, rata-rata kemanisan stroberi umumnya hanya 12-13 saja.

Artinya, buah ini memiliki floral note ringan, sangat manis dan tidak terlalu asam.

Jadi, tidak aneh kan bila Kikuchi no Manma Hinoshizuku.ini memiliki harga yang cukup mahal?

Baca juga: Stroberi Terbesar di Dunia, Sebesar Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com