Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Clothing Brand Asal Bandung di Pentas Paris Fashion Week 2022

Kompas.com - 26/02/2022, 05:07 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua clothing brand asal Bandung siap unjuk gigi sebagai wakil Indonesia untuk tampil di gelaran Paris Fashion Week 2022.

Di bawah naungan Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs), 3Second dan Greenlight, bersama delapan brand fesyen lokal lainnya, mendapat kesempatan untuk tampil di acara yang bakal digelar pada bulan Maret 2022 tersebut.

Dalam perjalanannya kali ini, 3Second dan Greenlight akan memperkenalkan nilai-nilai asli tradisional dan modern Indonesia ke kancah internasional.

"Di Paris Fashion Week kami akan membawa budaya Jawa Barat ke panggung fashion show."

"Kami berkolaborasi dengan dua desainer untuk menyuguhkan koleksi berupa capsule product."

Demikian dikatakan Hendri Sase, Marketing Manager 3Second, dalam jumpa pers virtual "Vakansi ke Paris di Paris Fashion Week 2022", Jumat (25/2/2022).

Perhelatan Paris Fashion Week 2022 Fall/Winter akan digelar pada Senin 28 Februari - 8 Maret 2022 di The Westin Paris Vendome, Perancis. 

Baca juga: Scarlett, Brand Indonesia di Ajang Paris Fashion Week 2022

Kolaborasi 3Second X Danjyo Hiyoji

Lini koleksi yang pertama yang akan diperkenalkan di Paris Fashion Week 2022 adalah hasil kolaborasi 3Second dengan desainer Dana Maulana.

Founder dari brand fesyen Danjyo Hiyoji akan mengangkat tema dengan konsep “Heeji” atau dalam Bahasa Sunda berarti satu.

Koleksi kolaborasi ini terinspirasi dari tradisi Seren Taun, yaitu upacara tradisi selebrasi panen padi di Jawa Barat.

Berbagai elemen khas Jawa Barat seperti topi totopong, alat musik angklung dan karinding akan dikombinasikan dengan gaya kontemporer anak muda masa kini yang terbuka dan memiliki identitas tersendiri.

"Saya melihat Jawa Barat salah satu daerah yang agraris ya. Saya merancang busana yang terinspirasi dengan warna hijau sawah, krem tanah, marun bata dan hal-hal semacam itu melalui bordir, payet dan unsur lainnya," ujar Dana Maulana.

Baca juga: Unik, Arnold Putra Pakai Baju Mirip Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week

Tema Traffic Light dari Greenlight X Ican Harem

Sementara Greenlight menggandeng desainer Ican Harem di lini koleksi kedua bertema “Traffic Light” yang mengangkat suasana jalanan dan kemacetan masyarakat perkotaan di Indonesia.

Ia menangkap budaya urban yang mencerminkan bahwa masyarakat Tanah Air selalu kreatif dan bisa memlihat peluang dari berbagai kondisi.

"Koleksi yang akan saya bawa di Paris Fashion Week bertema streetwear yang berupa jaket, jas, celana dan beberapa aksesoris. Kira-kira ada 10 looks yang akan dipresentasikan," kata Ican.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com