Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2022, 15:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Reseptor vitamin D ditemukan di hampir setiap sel dalam tubuh.

Yang berarti, vitamin D memiliki peran besar dalam segala hal mulai dari tulang, otot, dan kesehatan kekebalan hingga kognisi, suasana hati yang semuanya berkaitan pada umur panjang.

Selama beberapa tahun terakhir, semakin banyak bukti juga telah mengungkapkan, vitamin D adalah pemain kunci dalam banyak proses fisiologis yang terkait dengan hidup yang lebih panjang, sehat, dan bahagia.

Baca juga: Khasiat Vitamin D untuk Mengobati Psoriasis

Pada tahun 2019, jurnal Biology menerbitkan ulasan yang menguraikan banyak mekanisme umur panjang dan manfaat vitamin D.

Ternyata, vitamin D adalah vitamin esensial lain yang merupakan antioksidan kuat, yang membantu menyeimbangkan aktivitas mitokondria, memerangi stres oksidatif, dan melindungi DNA jika status vitamin D kita tercukupi.

Masalahnya adalah bahwa sebagian besar orang dewasa memiliki tingkat vitamin D yang tidak mencukupi (tepatnya 41 persen) dan 29 persen kekurangan vitamin D.

Faktanya, lebih dari 90 persen orang Amerika Serikat bahkan tidak bisa makan sampai 400 I.U. mikronutrien esensial ini setiap hari, sementara kita membutuhkan lebih dari itu.

Sebab, tanpa tingkat vitamin D yang memadai, maka tubuh kita tidak dapat memanfaatkan vitamin saat dibutuhkan untuk tindakan antioksidan atau aktivitas vital lainnya.

Cara vitamin D memberikan manfaat antioksidannya

Secara khusus, vitamin D membantu melindungi protein (misalnya, hormon, antibodi, kolagen, dan lain-lain), asam lemak (alias lipid, seperti yang ada di membran sel di seluruh tubuh), dan DNA dari oksidasi dengan memerangi stres oksidatif.

Selain itu, tingkat vitamin D yang cukup juga dapat mendukung ketahanan mitokondria dan fungsi endokrin.

Baca juga: Efek Samping Dosis Suplemen Vitamin D Berlebihan

Ini semua pada gilirannya akan meningkatkan metabolisme energi yang sehat, keseimbangan hormon, dan umur yang panjang.

Di luar fungsi yang mendorong aktivitas antioksidan pada tingkat sel, berikut adalah beberapa sistem fisiologis tambahan yang didukung vitamin D untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan seiring bertambahnya usia.

  • Mempertahankan massa otot yang sehat

Selain mendukung bentuk dan fungsi otot, vitamin D juga dapat membantu menjaga persentase otot rangka, jantung, dan otot polos (alias massa otot) yang sehat.

Dalam studi klinis 2014 yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine, lansia dengan massa otot lebih banyak ditemukan hidup lebih lama daripada mereka yang kurang.

  • Meningkatkan integritas muskuloskeletal

Vitamin D membantu penyerapan kalsium sebagai mineral kunci yang menjaga tulang kita supaya kuat dan sehat, serta mendukung integritas muskuloskeletal seiring bertambahnya usia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com