Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panerai Radiomir, Jam Tangan Italia Pertama yang ke Luar Angkasa

Kompas.com - 27/02/2022, 19:47 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Brand jam tangan memang dikenal hobi menguji ketahanan produknya, mulai dari membawanya untuk mendaki gunung, motorsports, menyelam, hingga yang paling ekstrem, ke luar angkasa.

Hingga saat ini hanya ada beberapa jam tangan yang pernah pergi ke luar angkasa, termasuk Omega Speedmaster, jam tangan pertama yang berhasil meluncur ke luar angkasa.

Nah di tahun 2022 ini, ada satu lagi brand jam tangan yang mengirim salah satu produknya ke luar angkasa, yaitu Panerai.

Memang, brand ini bukanlah brand pertama yang berhasil melakukannya. Namun jika dibandingkan brand asal Italia lainnya, jam tangan ini adalah yang pertama pergi ke luar angkasa.

Tak hanya itu, mungkin jam tangan ini adalah salah satu jam tangan paling stylish yang sempat menghiasi pergelangan tangan para penjelajah angkasa.

Pada 19 Januari 2022 lalu, kosmonot Rusia Anton Shkaplerov, komandan Expedition 66 di International Space Station Expedition, mengenakan sebuah Panerai Radiomir (ref. PAM210) saat menjalani beberapa aktivitasnya di luar angkasa.

Ini menjadikan Panerai jam tangan ke-7 yang berhasil pergi ke luar angkasa secara langsung, layaknya Omega, Glycine, Bulova, Fortis, Flyta dan Seiko.

Beberapa brand lain, seperti Casio, memang sempat pergi ke luar angkasa, namun tidak terpapar kontak secara langsung.

Mungkin, dive watch retro atau jam tangan selam seperti Radiomir ini bukanlah pilihan pertama yang ingin kita bawa ke luar angkasa. namun nyatanya jam tangan ini merupakan pilihan yang sangat bagus.

Hal itu dibuktikan dengan desain casing-nya yang cukup besar, berukuran sekitar 45mm dan ultra-legible. Belum lagi, konstruksinya cukup kuat, dapat menahan guncangan, serta mesin hand-wound movement-nya yang menjadi nilai tambah bagi seorang astronot atau kosmonot.

Jam tangan ref. PAM210 ini diproduksi dari 2005 hingga 2012. Artinya, kemungkinan Radiomir ini merupakan barang pribadi Shkaplerov.

Baca juga: IWC Bikin Arloji untuk Kru Sipil Pertama yang Ke Luar Angkasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com