Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Makanan Bernutrisi yang Tetap Segar Saat Disimpan di Dalam Freezer

Kompas.com - 07/03/2022, 11:33 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makanan kaya nutrisi (superfood) memberikan segudang manfaat kesehatan yang penting bagi tubuh kita.

Makanan ini — yang sering kali rendah kalori — juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan usus dan otak, serta membantu mencegah penyakit tertentu.

Biasanya, kita akan menyimpan makanan-makanan bernutrisi ini hanya di dalam kompatermen kulkas saja.

Tapi, perlu kita ketahui bahwa sebenarnya beberapa makanan yang bernutrisi dapat kita simpan di dalam freezer untuk membuatnya jauh lebih segar selama berbulan-bulan, asalkan disimpan dengan benar.

Baik kita memilih untuk membekukannya atau membelinya dalam keadaan beku, beberapa makanan bernutrisi tersebut juga tidak akan kehilangan banyak (atau sebagian) nilai gizinya setelah dipindahkan ke freezer.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Freezer

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini terdapat 8 daftar makanan bernutrisi yang dapat disimpan di dalam freezer.

1. Buah beri

Stroberi merupakan buah yang sudah ada sejak abad ke-13. PIXABAY/CONGERDESIGN Stroberi merupakan buah yang sudah ada sejak abad ke-13.
Makanan kecil tapi kuat seperti blueberry, raspberry, dan blackberry dikemas dengan antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Buah beri ini juga berkontribusi mencegah penuaan, radang sendi, kanker, penyakit jantung, dan penyakit alzheimer.

Kita bisa menyimpan buah beri ke dalam freezer agar tetap segar dan memasukkannya ke dalam smoothie langsung dari freezer atau biarkan mencair di lemari es semalaman.

2. Salmon

Meningkatkan konsumsi sumber asam lemak omega-3 diyakini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami.SHUTTERSTOCK Meningkatkan konsumsi sumber asam lemak omega-3 diyakini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami.
Salmon dikenal sebagai makanan super karena kandungan protein dan asam lemak omega-3 yang mengesankan.

Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak sehat yang tidak dibuat oleh tubuh, yang berarti harus berasal dari makanan untuk membantu pergerakan otot dan dapat melawan peradangan berbahaya di seluruh tubuh.

Menurut beberapa penelitian, asupan omega-3 yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan penyakit mental terkait usia dan penurunan risiko penyakit alzheimer.

Meskipun kita dapat membekukan salmon, filet salmon beku mudah ditemukan di toko bahan makanan dan bisa disimpan di dalam freezer selama sekitar satu tahun.

Ukuran salmon yang lebih kecil (sekitar 6 ons) sebenarnya juga dapat dimasukkan ke dalam oven atau air fryer langsung dari freezer, jadi kita tidak perlu khawatir membiarkannya mencair terlebih dahulu.

Namun, jika kita lebih suka membiarkan salmon mencair dalam semalam, itu juga tidak masalah. Kita juga dapat menggunakan filet salmon yang dicairkan untuk beberapa resep masakan.

Baca juga: Perhatikan, Cara Menyimpan Salmon yang Baik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com