Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2022, 11:00 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semua orang pada dasarnya ingin memiliki tubuh ideal dan ramping serta sehat. Sayangnya, bagi banyak orang pula, menurunkan berat badan bukanlah perkara mudah.

Kendati demikian, itu bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. Buktinya, Daniel, seorang pria berusia 40 tahun asal Warrington, Inggris, bisa melakukannya.

"Saya menggendut. Berat badan saya terus naik beberapa tahun terakhir tanpa saya sadari. Setelah lockdown berlangsung, saya sering makan takeout," ujar Daniel.

Baca juga: Suntikan Penurun Berat Badan Bantu Hilangkan 15 Persen Massa Tubuh

"Saya pun membeli pakaian baru saat keadaan sudah mulai kembali normal, dan saya terkejut ketika celana berukuran 38 terasa sempit, dan petugas toko merekomendasikan 40."

Demikian penuturan Daniel saat menceritakan awal mula dia bergabung dengan gym Ultimate Performance di Manchester, Inggris.

Daniel mengaku pernah melakukan angkat beban saat usianya lebih muda. Namun, lama kelamaan, cedera dan inkonsistensi mengurangi frekuensi dan efektivitas latihannya.

Sisanya, dia hanya berolahraga secara sporadis.

"Secara mental, saya sedikit kehilangan motivasi. Namun, melalui proses ini, saya memahami bahwa aktivitas fisik berhubungan dengan wellbeing saya," ujar dia.

Baca juga: Diet Puasa Picu Lenyapnya Massa Otot, Benarkah?

Menyiapkan makan sendiri

Selama proses transfromasi, Daniel mengakau harus menyiapkan makanan sendiri, dan membuat dia lebih sadar akan pilihan makanan yang masuk ke dalam perutnya.

Namun demikian, Daniel merasa diet yang dilakukannya kian mudah saat kemajuan dan hasil dari usahanya mulai terlihat.

Ia hanya perlu mengonsumsi sumber protein dan karbohidrat yang dapat menjadi bahan bakar untuk menjalani hari dan berolahraga.

Untuk olahraga, Daniel menjalani latihan angkat beban (weight training) selama tiga hari dan kardio selama dua hari per minggu.

Lama-kelamaan, intensitas latihannya meningkat, menjadi empat hari angkat beban. Kardio intensitas rendah juga ia lakukan saat diperlukan, guna menjaga tingkat aktivitasnya.

Baca juga: Ternyata, Begini Cara The Rock Membangun Otot Kekarnya

Kesulitan latihan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com