Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Produk Kesehatan, Apa Saja yang Perlu Dicermati?

Kompas.com - 09/03/2022, 19:37 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Di tahun 2022 ini kita pasti makin sadar bahwa kesehatan itu penting. Pandemi tentunya telah mengubah pola pikir terhadap pentingnya kesehatan.

Demi menjaga kesehatan, banyak pula dari kita yang kemudian terdorong untuk mengkonsumsi berbagai suplemen kesehatan karena merasa harus menjaga diri dari virus-virus yang tidak kasat mata.

Menurut Head of Marketing and Communication Amway Indonesia, Dharmaparayana Sthirabudi, kini konsumen bukan hanya semakin sadar akan pentingnya kesehatan, namun juga semakin kritis dan memperhatikan kualitas.

“Konsumen yang semakin cerdas dan kritis dalam memperhatikan kualitas produk kesehatan telah mendorong pelaku industri kesehatan untuk terbuka dan memastikan produk mereka aman dan efektif,” ujarnya.

Nah, sebelum membeli dan mengkonsumsi produk kesehatan, ada baiknya kita mempelajari baik-baik untuk memastikan kualitas dari produk kesehatan yang akan kita beli. Apa saja yang perlu dicermati?

1. Cermati kemasannya

Kemasan sejatinya berfungsi untuk melindungi produk dari kontaminasi. Obat-obatan atau vitamin dan suplemen yang baik memiliki kualitas kemasan yang baik dan kuat, serta tidak mudah rusak.

2. Cek komposisinya

Konsumen bisa mencermati komposisi yang biasanya tertera pada label di kemasan. Sebaiknya sebelum memilih suatu produk, konsumen kenali dulu kebutuhan tubuhnya masing-masing, sehingga dapat memilih produk dengan komposisi yang paling tepat.

3. Periksa tanggal kedaluwarsa

Cara ini tentunya bukan hanya penting dilakukan ketika memeriksa kualitas produk obat-obat serta vitamin dan suplemen, melainkan produk apapun yang akan masuk ke tubuh kita atau diaplikasikan pada tubuh, seperti makanan, produk perawatan kulit dan kecantikan.

4. Pastikan kealamian bahan bakunya

Produk kesehatan terbaik tentunya adalah yang menggunakan bahan alami dan diproduksi dengan metode yang tidak beresiko mengurangi kadar nutrisi alami dari bahan baku tersebut.

5. Periksa ijin edar

Indonesia memiliki Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) yang bertugas untuk
memastikan produk makanan dan kesehatan atau obat itu asli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com