Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lady Gaga Bikin Kursus Kesehatan Mental Gratis untuk Anak Muda

Kompas.com - 13/03/2022, 04:04 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini, penyanyi kelahiran Manhattan, Lady Gaga dan ibunya memulai debut yang cukup menyita perhatian publik.

Bukan film atau lagu baru, melainkan Gaga membuat sejenis kursus kesehatan mental gratis yang disebut Be There Certificate.

Konsep ini dibentuk melalui organisasi nirlaba yang dibangun oleh Gaga, Born This Way Foundation bersama dengan Jack.org, sebuah badan amal kesehatan mental yang berbasis di Kanada.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Menurut Psikolog

Kursus kesehatan mental tersebut menyediakan ruang yang aman dan nyaman bagi generasi muda untuk bertemu dan mendukung satu sama lain dengan cara yang sangat private dan aman.

"Dengan ini, Anda akan belajar bagaimana menjadi orang baik dan Be There ada untuk menjaga kesehatan mental," kata Lady Gaga, seperti dikutip Eat This.

Bintang pop ini pun memberi kabar debutnya tersebut melalui Instagramnya pada 9 Maret 2022 dan berbagi video tentang Be There Certificate dengan 51,6 juta pengikutnya.

"Saya mempelajari lima aturan emas tentang cara aman berada di sana untuk seseorang. Nomor satu, katakan apa yang Anda lihat,"

"Nomor dua, tunjukkan perhatian Anda. Nomor tiga, dengarkan mereka. Nomor empat, ketahui peran Anda,"

"Nomor lima, sambungkan untuk membantu, dengan ramah dan aman,"

Demikian imbuh Gaga dalam video yang sudah dilihat oleh satu juta penonton tersebut.

Baca juga: Berbalut Mini Dress, Lady Gaga Pamer Kaki Kencang dan Jenjang

Masalah kesehatan mental pada generasi muda

Lady Gaga tahu betul bagaimana cara para generasi muda di seluruh dunia dalam menghadapi isu kesehatan mental.

Itulah yang menjadikan alasannya membangun ruang yang aman bagi mereka untuk berbagi kisah demi mengatasi masalah kesehatan mental yang diderita.

"Saya mendengar dari anak muda di seluruh dunia setiap hari yang mana mereka butuh validasi, penegasan dan dukungan," kata Gaga.

Menurutnya dengan ruang online ini, setiap anak muda dapat membagikan kisahnya untuk mengingatkan kita dan semua orang bahwa masing-masing memiliki peran untuk mengatasi masalah kesehatan mental.

Penyanyi berusia 35 tahun ini pun menjelaskan, untuk memulai percakapan yang berkaitan dengan kesehatan mental, mungkin akan lebih sulit tanpa wadah yang tepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com