Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2022, 15:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sama dengan sayuran akar lainnya seperti kentang, parsnip, dan wortel, lobak juga dikenal memiliki segudang manfaat nutrisi, serta dapat dimasak dengan berbagai cara.

Sayuran ini pun mudah ditemukan di pasar pada sepanjang tahun. Namun, profil rasanya sangat bervariasi tergantung pada proses panen dan persiapannya.

Lobak adalah sayuran akar yang umumnya diasosiasikan dengan umbi dan arugula.

Sayuran yang memiliki warna putih dan ungu ini sering dimasak, tetapi ketika diiris tipis juga enak untuk dimakan mentah.

Baca juga: Resep Kue Lobak Vegan, Camilan Gurih dan Mudah DIbuat

Seperti banyak sayuran akar lainnya, lobak bisa digabungkan dengan sayuran hijau panjang yang sempurna untuk sup atau hanya ditumis dengan bawang putih dan minyak zaitun.

Banyak sayuran akar, termasuk lobak, paling baik dinikmati saat dipanen pada musim gugur, tetapi itu bukan berarti kita tidak boleh membelinya sepanjang tahun.

Faktanya, lobak yang lebih besar cenderung memiliki rasa pahit, tetapi sayuran ini masih bisa digunakan sebagai tambahan yang baik untuk sup atau dimasak sebagai lauk.

Manfaat lobak bagi tubuh

Lobak merupakan sayuran yang sangat berserat, serta mengandung vitamin dan mineral penting yang penting bagi tubuh.

Mengonsumsi makanan kaya serat sangatlah penting karena dapat membantu pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain kaya akan serat, lobak juga sumber vitamin C yang sangat baik, yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Adapun beberapa manfaat kesehatan lainnya dari lobak, yakni menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terkena penyakit tertentu.

Kemudian, lobak yang mengandung nitrat juga penting dalam kesehatan pembuluh darah dan memiliki senyawa yang disebut sulforaphane untuk membantu melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu.

Menurut sebuah studi tahun 2015, sulforaphane diketahui dapat mengganggu fungsi enzim tertentu yang berperan dalam perkembangan sel kanker.

Baca juga: Resep Danmuji, Acar Lobak Kuning ala Korea yang Mudah Dibuat

Tahan lama

Banyak orang menyukai lobak karena jika disimpan dengan benar, lobak memiliki umur simpan yang lama.

Setelah membeli seikat lobak, yang terbaik adalah memotong ujung hijaunya dan menyimpannya dalam kantong plastik selama sekitar satu minggu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com