Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tanaman Hias Ini Ramah terhadap Hewan Peliharaan, Apa Saja?

Kompas.com - 17/03/2022, 11:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa orang mungkin suka memelihara hewan dan tanaman hias. Namun, perlu diketahui bahwa terkadang keduanya tidak bisa digabungkan dalam satu rumah.

Apalagi, jika kita memiliki tanaman yang beracun di rumah, maka bisa membahayakan hewan peliharaan yang sering menggigit tanaman.

Misalnya saja, beberapa tanaman hias yang populer seperti monstera, lidah buaya dan, pothos sangatlah beracun bagi hewan, sehingga dapat menyebabkan penyakit serius jika tertelan.

Oleh sebab itu, jika kita memelihara hewan dan ingin memiliki tanaman hias di rumah, kenali dengan betul apakah tanaman tersebut aman atau tidak bagi hewan peliharaan kita.

Nah,  dilansir dari laman County Living, berikut adalah 10 daftar tanaman hias yang aman bagi hewan peliharaan dan bisa kita tempatkan secara bersamaan di dalam rumah.

1. Money tree

Pohon uang (money tree) atau kacang saba Pohon uang (money tree) atau kacang saba
Money tree atau yang lebih dikenal dengan nama tanaman pachira ini sangat ramah terhadap hewan peliharaan.

Tanaman yang memiliki daun mengilap dan bentuknya tegak ini sangat populer karena dipercaya dapat membawa keberuntungan dan energi ke dalam rumah.

Sebenarnya money tree tidak memerlukan banyak perawatan. Tapi, tanaman ini tetap membutuhkan cahaya yang terang dan biarkan mengering sebelum disiram.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Kos dan Mudah Dirawat

2. Parlor palm

Ilustrasi tanaman hias parlor palm atau palem parlor. SHUTTERSTOCK/STUDIO LIGHT AND SHADE Ilustrasi tanaman hias parlor palm atau palem parlor.
Parlor palm atau palem udang adalah tanaman yang sudah populer sejak zaman Victoria karena penampilannya yang menarik dan elegan.

Untuk perawatannya, tanaman ini membutuhkan cahaya tidak langsung yang terang, namun dapat mentolerir tingkat cahaya yang lebih rendah.

Selain itu, tanaman ini juga dapat bertahan dalam kondisi ruangan yang lembab.

3. Spider plant

spider plantshutterstock spider plant
Dengan daun melengkung dan bertali, ini adalah tanaman ramah hewan peliharaan yang bagus untuk keranjang gantung.

Berikan spider plant cahaya terang, meskipun tanaman ini dapat mentolerir tingkat cahaya yang lebih rendah. Kemudian, jaga agar tanahnya tetap lembab secara merata atau tidak sampai basah kuyup.

Baca juga: 20 Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh dalam Kondisi Minim Cahaya

4. Peperomia 

Tanaman hias daun peperomia punya daun bertekstur, mengkilap, dan sering kali datang dalam berbagai warna.SHUTTERSTOCK/LADYDOUBT Tanaman hias daun peperomia punya daun bertekstur, mengkilap, dan sering kali datang dalam berbagai warna.
Tanaman yang ramah terhadap hewan peliharaan ini memiliki bentuk yang menggemaskan yakni dengan daun berbentuk hati yang mengerut.

Peperomia mentolerir cahaya rendah hingga sedang, tetapi biarkan mengering sebelum disiram lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com