Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep "Baristan", Istilah Nyeduh Kopi Instan di Rumah ala Kafe

Kompas.com - 23/03/2022, 07:53 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum kopi belakangan ini telah berkembang menjadi tren dan gaya hidup di masyarakat.

Kebanyakan orang memilih datang ke kedai kopi untuk menyeruput secangkir kopi sambil bekerja atau nongkrong bareng sahabat.

Tapi, untuk bisa menikmati secangkir kopi yang enak tidak melulu datang ke kedai kopi.

Jika di kedai minuman kopi diracik oleh Barista, kita bisa membuat sendiri di rumah minuman kopi instan senikmat racikan ahli.

Baca juga: 5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Barista, Apa Saja?

Konsep seperti itu disebut dengan istilah "Baristan" yang merujuk pada akronim barista kopi instan. Muhammad Aga, seorang barista profesional awalnya mengaku bingung akan konsep tersebut.

"Awalnya saya pikir itu typo, karena menjadi barista itu tidak mudah. Barista kan profesi yang harus punya sertifikasi tertentu, jadi tidak semudah itu bikin kopi,"

Begitu dikatakan Aga, sapaan akrabnya di konferensi pers Caffino bertajuk "Baristan - Solusi Ngopi Berkualitas di Rumah" yang digelar daring pada Selasa (22/3/2022).

Kiri - Jerry Andrian, Juara Master Chef Indonesia S7, Tengah - Muhammad Aga, Barista Profesional, Kanan  Livy Renata, influencer Dok Caffino Kiri - Jerry Andrian, Juara Master Chef Indonesia S7, Tengah - Muhammad Aga, Barista Profesional, Kanan Livy Renata, influencer

Konsep Baristan mulanya diperkenalkan salah satu produsen kopi instan kemasan bagi para penikmat kopi di Tanah Air.

Juara Indonesia Barista Championship tahun 2018 itu pun menyadari banyak hal positif yang terbentuk dari kebiasaan minum kopi tanpa membeda-bedakan tentang pilihan kopi, baik racikan profesional atau pun kopi instan.

“Bagi saya, untuk menghasilkan minuman kopi yang berkualitas, utamanya harus menggunakan bahan-bahan yang juga punya kualitas," papar Aga.

Di kesempatan yang sama, Ihsan Mulia Putri, CEO PT Sumber Kopi Prima mengatakan, istilah dan konsep tersebut merupakan cara untuk memfasilitasi para pencinta kopi.

Baca juga: 5 Kebiasaan Minum Kopi yang Bisa Hilangkan Lemak Perut

Tanpa memiliki keahlian khusus, kopi instan juga dapat dinikmati dengan sensasi ala racikan Barista di kafe.

"Masa pandemi semakin banyak orang beraktivitas di rumah. Kami terinspirasi memberikan solusi untuk ngopi berkualitas tanpa harus pergi ke kafe," papar dia.

Menyeduh kopi instan sendiri di rumah dianggap bisa menjadi solusi sekaligus sensasi dalam menikmati kopi.

Namun, agar rasanya tidak mengecewakan lebih baik pilihlah kopi instan yang mengandung bahan-bahan berkualitas, seperti susu dan kopi asli.

Baca juga: Tren Dalgona Coffee Dorong Peningkatan Penjualan Kopi Instan Selama Pandemi Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com