Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Marilyn Monroe Ini Siap Dilelang, Nilainya Rp 2,8 Triliun

Kompas.com - 24/03/2022, 10:28 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rumah lelang Christie's mengumumkan rencananya untuk melelang sebuah potret yang menampilkan wajah aktris Marilyn Monroe pada tahun ini.

Dibuat oleh Andy Warhol, karya seni tersebut siap dilelang kepada kolektor yang berminat dengan nilai yang fantastis, yakni sebesar Rp 2,8 triliun.

Bertajuk "Shot Sage Blue Marilyn", potret Monroe karya Warhol memiliki ukuran 258 centimeter persegi dan dibuat pada tahun 1960-an.

Reproduksi warna-warni Warhol dari potret bintang Hollywood itu awalnya merupakan publisitas dari filmnya tahun 1953 "Niagara".

Karena kepiawaiannya menggambarkan Monroe, "Shot Sage Blue Marilyn" menjadi satu karya Warhol yang paling dikenal.

Potret "Shot Sage Blue Marilyn" yang dibuat seniman asal Amerika Serikat tersebut menggunakan teknik silkscreen printing.

Teknik itu menduplikasi gambar di atas kertas atau kanvas menggunakan lapisan sutra halus seperti stensil.

Warhol diketahui mulai memproduksi karya seni fenomenalnya pada tahun 1962, tak lama setelah kematian Monroe.

Di sisi lain, ia juga menciptakan banyak versi potret Monroe dalam berbagai warna dan konfigurasi yang berbeda.

Di antara yang paling terkenal adalah "Marilyn Diptych," yang dimiliki oleh grup galeri Inggris Tate dan Warhol mencetak grid sebanyak 50 potret di dua kanvas.

Karya lain Warhol seperti "Gold Marilyn Monroe" juga dapat disaksikan di Museum of Modern Art. Potret Monroe yang satu ini menampilkan satu gambar yang dicetak dengan latar belakang emas.

Christie's mengatakan bahwa Warhol yang menjadi pencetus gerakan pop art di Negeri Paman Sam mengembangkan proses baru yang lebih halus dan intensif, yang berlawanan dengan produksi massal.

Ia menggunakannya untuk membuat potret dalam jumlah terbatas, seperti sekelompok karya langka yang dimiliki "Shot Sage Blue Marilyn", sebelum meninggalkan teknik tersebut.

Selain "Shot Sage Blue Marilyn", sebenarnya ada sejumlah karya seni menggambarkan Marilyn lainnya yang dilelang dengan nilai fantastis.

Sebut saja "White Marilyn", karya seni buatan Warhol pada tahun 1962 yang terjual seharga Rp 588 miliar di New York pada tahun 2014 silam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com