Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mengapa Sebaiknya Kita Tidak Makan Mendekati Waktu Tidur

Kompas.com - 26/03/2022, 18:18 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makan besar atau ngemil sebelum tidur sangat tidak disarankan. Sebab, hal ini dapat berdampak buruk bagi tubuh kita.

Misalnya, menurunkan metabolisme tubuh dan meningkatkan risiko gula darah adalah sebagian dari dampak buruk makan malam sebelum tidur.

Dilansir dari Cleveland Clinic, ahli diet Alexis Supan, RD, menjelaskan beberapa alasan penting lainnya mengapa sebaiknya kita tidak makan sesaat sebelum tidur, dan konsumsi apa saja yang perlu dihindari.

Fungsi tubuh yang tidak maksimal

Supan mengatakan bahwa salah satu alasan mengapa sebaiknya tidak makan mendekati waktu tidur adalah karena fungsi tubuh yang tidak maksimal di malam hari.

"Saat kita makan larut malam, maka kita melawan ritme sirkadian tubuh kita," terangnya.

Ini semua tentang cara tubuh kita menyesuaikan sensitivitas insulinnya. Tubuh kita akan lebih sensitif di pagi hari dengan sengaja.

"Itu untuk membantu mengisi bahan bakar tubuh, membuat kita bergerak, dan membantu kita menjalani hari," jelas Supan.

"Sementara bila kita makan sebelum tidur, kalori ekstra yang berasal dari makan malam atau camilan akan disimpan sebagai lemak, alih-alih dibakar sepanjang hari," sambung dia.

Alasan lain mengapa makan larut malam itu buruk adalah karena saat itulah kita cenderung membuat keputusan yang kurang sehat tentang apa yang kita konsumsi.

"Di malam hari adalah saat kita makan makanan yang tidak sehat – keripik, kue, es krim – sebagai bagian dari rutinitas relaksasi malam," ungkapnya.

Baca juga: Waktu Makan Ternyata Pengaruhi Kesehatan

Yang baik dikonsumsi sebelum tidur

Sekali lagi, skenario terbaik adalah kita tidak makan apa pun sebelum tidur. Tapi hal itu juga tidak selalu realistis.

Mungkin pekerjaan membuat kita harus begadang atau jadwal makan kita terganggu sehingga kita membutuhkan sesuatu untuk dimakan.

"Jika kita benar-benar lapar, sayuran yang dikukus atau mentah adalah pilihan terbaik untuk dikonsumsi," kata Supan.

Tetapi, jika kita membutuhkan sesuatu yang manis, ada opsi yang tidak akan terlalu merusak. Supan pun merekomendasikan asupan seperti sayuran (wortel, brokoli), tomat anggur atau kacang polong, apel, sepotong kecil cokelat hitam, dan greek yogurt.

Pilihan-pilihan tersebut dapat memberikan tubuh kita protein dan beberapa lemak sehat sekaligus membantu kita merasa kenyang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com