Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cooper, Pria Tua yang Terima Ijazah Diploma pada Usia 101 Tahun

Kompas.com - 29/03/2022, 09:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Momen membanggakan dirasakan oleh Merrill Pittman Cooper, seorang pria asal Amerika Serikat yang mendapatkan ijazah diploma yang sangat lama dinanti-nantikan.

Ijazah diploma yang didapatkannya bukan tanda kelulusan biasa karena Cooper dapat memperolehnya pada usia yang menginjak 101 tahun.

Pencapaian itu tentu menjadi kado yang manis sekaligus membanggakan baginya yang sudah menantikan ijazah diploma setelah putus sekolah selama 80 tahun.

Baca juga: 10 Rahasia Umur Panjang dari Wanita Tertua di Dunia Berusia 119 Tahun

Dengan wajah yang semringah, ia memamerkan ijazah diploma yang begitu diidam-idamkan sembari memakai toga dan berfoto bersama keluarganya.

Cooper dapat memperoleh ijazah diplomanya berkat dukungan dan usaha keluarga. Mereka menganggap Cooper pantas mendapatkan "sesuatu" yang ia dambakan.

Cooper yang usianya sudah sangat lanjut dulunya bersekolah di Storer College di Harpers Ferry, West Virginia, dari tahun 1934 hingga 1938.

Pada tahun 1938, Cooper sebenarnya sudah menyelesaikan tahun pertama sekolah menengahnya di Storer College.

Namun, perjalanannya mengenyam pendidikan terpaksa pupus ketika keluarganya terpaksa pindah ke Philadelphia karena alasan keuangan.

Ibu Cooper dulu bekerja sebagai pembantu rumah tangga di sebuah keluarga di dekat Blue Ridge Mountains.

Baca juga: Saat Manusia Tertua di Dunia Jadi Pembawa Obor Olimpiade 2021

Kehidupan ibu Cooper semakin berat karena ia harus berjuang sendirian tanpa kehadiran suami.

Pekerjaan itu rela dilakoninya agar dapat membayar uang sekolah Cooper walau hasilnya tetap saja tidak cukup memenuhi kebutuhan.

“Ia bekerja sangat keras dan semuanya menjadi sangat sulit sehingga saya memutuskan akan lebih baik untuk berhenti melanjutkan sekolah,” kata Cooper.

Storer College yang dulunya merupakan almamater Cooper berdiri pada tahun 1865 dan kini menjadi bagian dari Harpers Ferry National Historical Park.

Sekolah tersebut didirikan untuk melayani budak yang baru dibebaskan setelah Perang Saudara, menurut US National Park Service.

Pada masanya, Storer College adalah satu-satunya harapan pendidikan bagi penduduk kulit hitam di West Virginia dan memfasilitasi lebih dari 7.000 siswa sebelum ditutup pada pertengahan 1950-an.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com