Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2022, 10:55 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama bulan Ramadhan kita menghadapi pola hidup yang berubah. Mulai dari pola makan, minum, pola tidur hingga aktivitas sehari-hari.

Berbagai perubahan tersebut dapat memengaruhi kondisi kesehatan kulit akibat keterbatasan kita dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Tak jarang jika sejumlah kondisi seperti kulit wajah yang tampak kusam hingga terlihat lebih lesu terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan cairan.

Apalagi jika kulit tidak dirawat dengan tepat, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kulit.

Baca juga: Manfaat Vitamin E untuk Perawatan Kulit, Apa Saja?

"Yang paling terlihat perubahannya di bagian wajah. Mulai dari dahi, pipi, bawah mata sampai ke tulang pipi yang cenderung terlihat sendu," kata dr. Natalia Mawardi, Dipl CIBTAC. 

Menjaga kesehatan kulit agar terlihat segar selama bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Misalnya memenuhi asupan cairan tubuh dengan pola 2-4-2 yang mana dilakukan dengan mengonsumsi air putih pada saat sahur, berbuka puasa dan menjelang tidur.

Kemudian, menggunakan rangkaian perawatan kulit wajah seperti pelembap dan tabir surya juga diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit, serta terlindung dari dampak buruk paparan sinar matahari.

"Jaga stamina dengan makan yang sehat, cukupi kebutuhan air dan tidur yang baik. Makan sehat bukan yang kita bikin kita kepingin, makanan sehat terdiri unsur vitamin yang dibutuhkan tubuh," demikian ujar dr. Natalie dalam keterangan NMW Skin Care yang diterima Kompas.com.

Menurut dr. Natalie, menjaga kesehatan kulit selama Ramadhan dengan tiga faktor tersebut dapat dilengkapi dengan perawatan kecantikan yang bisa dilakukan menjelang Ramadhan.

Misalnya dengan perawatan collagen booster, yang kini tengah menjadi tren di kalangan beauty enthusiast.

Baca juga: Kulit Sehat di Akhir Tahun, Ini Pilihan Produk Perawatan Kulit Terbaru

Manfaat collagen booster

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pada kulit kita akan berkurang, sehingga diperlukan asupan kolagen tambahan baik dari makanan hingga perawatan kulit yang tepat, seperti collagen booster.

Collagen booster adalah perawatan kulit wajah yang berfungsi menstimulasi peremajaan kulit yang khasiatnya dapat membuat kulit lebih lembap, mengembalikan kekenyalan kulit, mengurangi garis halus atau kerutan pada kulit wajah.

Metodenya dapat dilakukan dengan menginjeksi kolagenseperti organic DNA salmon, hyaluronic acid atau profhilo.

Biasanya kolagen hanya disuntikkan ke 10 titik wajah. Lima di area kiri dan lima di kanan yang fungsinya mengisi kembali kolagen di area tersebut.

"Kadar kolagen yang cukup pada kulit dapat membuat kulit memiliki pori-pori halus. Kulit akan terlihat lembap dan cerah menandakan kulit sehat, ujar dr. Natalie saat dihubungi Kompas.com.

Terlebih sebelum menjalani ibadah puasa, collagen booster dapat membuat kulit menjadi lembap, kenyal dan elastis, sehingga selama puasa kulit tidak kering atau terlihat loyo.

Baca juga: Pentingnya Kandungan Ceramide untuk Perawatan Kulit Wajah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com