Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2022, 16:13 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Datangnya Bulan Suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Pemerintah direncanakan menggelar Sidang Isbat untuk menetapkan awal Ramadhan pada Jumat (1/4/2022) mendatang.

Karena waktunya yang semakin mepet tentu banyak hal yang harus dipersiapkan agar ibadah puasa berjalan aman, lancar, dan mereka yang menjalankannya bisa menahan berbagai godaan.

Apalagi kondisi cuaca dan musim belakangan ini sulit diprediksi dan dikhawatirkan dapat menurunkan kondisi fisik dan mengganggu kelancaran ibadah puasa.

Tips menjalani puasa agar lancar

Nah, karena berpuasa memerlukan tenaga dan kemampuan tubuh yang ekstra untuk menahan lapar dan haus, tentu hal ini harus diperhatikan.

Untungnya ada sejumlah tips yang bisa membantu puasa berjalan lancar dan aman seperti yang disarankan Healthline berikut ini.

1. Jangan melewatkan sahur

Sahur sangatlah penting bagi tubuh dan sebaiknya tidak dilewatkan walau mata terasa berat untuk bangun di waktu subuh.

Makanan bernutrisi yang diasup ketika sahur juga tidak kalah pentingnya selama menjalani puasa agar tubuh tetap sehat dan ternutrisi.

Pendiri The Healthy Muslims, Nazima Qureshi, RD, MPH, mengatakan bahwa pilihan makanan yang dimakan saat sahur memengaruhi energi sepanjang hari.

“Seringkali orang akan beralih ke karbohidrat sederhana untuk makan pagi. Tapi karbohidrat sederhana tidak akan memberikan energi jangka panjang," kata Qureshi.

Sebagai gantinya, ia merekomendasikan makanan dari biji-bijian yang bisa dipadukan dengan lemak, protein sehat, buah-buahan, dan sayuran.

Baca juga: Pilihan Makan Sehat yang Tak Ribet untuk Sahur dan Buka Puasa

2. Banyak minum air

Minum air yang banyak saat berbuka maupun sahur sangatlah penting selama menjalankan puasa.

Itu dikarenakan meminum air dapat menjaga kadar cairan dalam tubuh yang harus menahan haus selama beberapa jam ketika berpuasa.

Minum banyak air juga penting bagi kesehatan sebab dapat memengaruhi tingkat energi dan memori.

Kurangnya minum air bisa mengakibatkan orang yang menjalankan puasa memiliki suasana hati yang kurang baik dan mengalami kelelahan.

Menjaga asupan air juga berperan untuk mencegah dan mengobati sakit kepala, migrain, batu ginjal, sembelit, dan menjaga tekanan darah.

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com