Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coffeemezation, Kreasikan Minuman Sesuai Selera di Starbucks

Kompas.com - 31/03/2022, 06:49 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Urusan rasa, setiap orang memiliki selera yang berbeda. Termasuk dalam hal memilih minuman favorit.

Ketika memesan kopi atau jenis minuman lain di coffee shop, terkadang rasa minuman itu tidak sesuai ekspektasi kita. Entah karena taste kopi yang strong, atau rasanya yang terlalu manis.

Generasi Z, atau juga boleh disebut anak zaman now, rata-rata ingin dapat mengkustom atau mengkreasikan minuman yang unik dan sesuai dengan selera mereka.

Demikian dijelaskan Astrid Zenia Tanggara, GM Porfolio Marketing di PT Sari Coffee Indonesia (Starbucks Indonesia) dalam konferensi pers yang diadakan di mal Gandaria City, Jakarta pada Rabu (30/3/2022).

"Anak-anak muda yang datang ke Starbucks, mereka kepingin segala sesuatu yang unik, gak mau yang sama seperti temannya."

"Contohnya hibiscus tea lemonade yang warnanya merah, ada customer yang menambahkan dolce sauce supaya warna minumannya menjadi pink," papar Astrid.

Berangkat dari fenomena tersebut, Starbucks meluncurkan sebuah kampanye bertajuk "Coffeemezation".

Melalui kampanye itu, konsumen yang datang ke gerai Starbucks dapat memesan minuman sesuai keinginan.

Tidak hanya di gerai Starbucks tertentu di Jakarta, Coffeemezation juga diterapkan di seluruh Starbucks di Indonesia, catat Astrid.

"Seperti menu on the rock caramel americano, semua barista kita, partner kita bisa membuatnya," kata wanita itu.

"Menu apa pun yang ingin dikustom, misalnya customer ada kebutuhan khusus, ingin kopi non fat, extra shot, atau mau kopinya ditambahin karamel, bisa."

Dalam program Coffeemezation ini, Starbucks juga menggelar kompetisi di mana konsumen dapat mengunggah Starbucks Secret Menu atau menu kustom yang diinginkan ke medsos.

Kompetisi Coffeemezation sudah dibuka sejak 18 Maret lalu, dan akan berlangsung hingga 17 Mei.

"Caranya gampang. Tinggal datang ke toko Starbucks, kita videoin pesanan Secret Menu versi kita, terus di-upload ke TikTok atau Instagram dengan menyertakan tagar #coffeemezation dan #starbuckssecretmenu," tutur Astrid.

Nantinya, video Secret Menu yang diunggah akan dikumpulkan dan dikurasi. Sebanyak 20 pemenang terpilih akan mendapatkan exclusive merchandise dan preloaded card.

"Kriteria pemenang untuk kompetisi ini, minumannya harus unik. Semua resep yang digunakan akan dites terlebih dahulu oleh tim internal Starbucks."

"Kemudian juga dilihat mana resep Secret Menu yang paling banyak membuat orang di medsos penasaran, ingin mencoba, dan berkomentar," terang Astrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com