Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniqlo Indonesia x Bai Soemarlono Hadirkan Koleksi Motif Batik Penuh Makna

Kompas.com - 31/03/2022, 11:22 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Uniqlo Indonesia kembali menggandeng desainer Indonesia Bai Soemarlono atau yang dikenal dengan Bai Populo dalam koleksi terbarunya.

Kolaborasi ini sendiri bukanlah hal baru bagi keduanya, karena di tahun 2021, Uniqlo Indonesia dan Bai Soemarlono sudah pernah menjalin kerja sama.

Melalui Uniqlo Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo, kolaborasi ini sekaligus menjadi wujud apresiasi terhadap kekayaan seni dan budaya Indonesia, yang memadukan koleksi lifewear yang nyaman dengan desain motif batik yang bisa digunakan sehari-hari.

"Kami berkomitmen dan mendukung para seniman Indonesia dalam melestarikan budaya Indonesia, salah satunya dengan kembali berkolaborasi bersama Bai Soemarlono."

Demikian penuturan Marketing Director & E-Commerce Head Business Unit PT Fast Retailing Indonesia, Daniel Pieter Sumual, dalam launcing event Uniqlo di Skye Bar & Restaurant, Jakarta Pusat, Rabu (30/3/2022).

"Kolaborasi ini juga diharapkan bisa memberikan inspirasi berpakaian batik motif khas Indonesia untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari," ujar dia.

Motif batik Jawa yang penuh makna

Koleksi terbaru Uniqlo Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo yang diluncurkan di Skye Bar & Restaurant, Jakarta Pusat, Rabu (30/3/2022).Uniqlo Indonesia Koleksi terbaru Uniqlo Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo yang diluncurkan di Skye Bar & Restaurant, Jakarta Pusat, Rabu (30/3/2022).
Dalam kesempatan yang sama, Bai mengungkapkan bahwa inspirasinya dalam membuat koleksi ini diambil dari motif batik Jawa yang cocok dengan situasi saat ini.

Koleksi ini pun diharapkan bisa memberikan pengalaman bagi masyarakat untuk menikmati karya batik sebagai sebuah seni melalui motif-motif sederhana penuh makna yang merepresentasikan kekayaan warisan budaya Indonesia.

Dari desain motifnya, Bai juga mengangkat nilai-nilai yang membawa masyarakat agar lebih menjaga lingkungan untuk kehidupan yang lebih nyaman.

"Beragam motif ini dihadirkan untuk memotivasi orang-orang agar bisa berpikir dan bersikap lebih positif di masa pandemi ini," terangnya.

"Bahkan tidak hanya pandemi saja, tetapi kita juga sedang menghadapi isu lingkungan seperti global warming. Jadi, bagaimana kita sebagai manusia harus bisa berinteraksi baik dengan manusia lain maupun alam," lanjut dia.

Koleksi terbaru Uniqlo Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo yang diluncurkan di Skye Bar & Restaurant, Jakarta Pusat, Rabu (30/3/2022).KOMPAS.COM/RYAN SARA Koleksi terbaru Uniqlo Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo yang diluncurkan di Skye Bar & Restaurant, Jakarta Pusat, Rabu (30/3/2022).
Adapun Uniqlo Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo ini terdiri dari 9 produk koleksi Batik di antaranya kemeja pria dengan 6 motif dan 6 warna, serta 1 motif blus wanita dengan 3 pilihan warna yang keseluruhan motifnya memiliki makna dan cerita berbeda satu sama lain.

Berikut adalah penjelasan makna-makna di balik motif batik dalam koleksi Uniqlo Indonesia x Bai Soemarlono.

1. Sido Mukti

Pola diagonal bergelombang yang mewakili keinginan untuk saling berhubungan dan karenanya menimbulkan komitmen maupun pencapaian.

Secara tradisional, motif ini biasanya dikenakan oleh pasangan pengantin yang melambangkan konektivitas terhadap orang lain yang selama pandemi sulit tetapi sangat penting bagi kehidupan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com