Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diungkap, Mengapa Minum Kopi Bisa Picu Hasrat Buang Air Besar

Kompas.com - 07/04/2022, 16:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, minum kopi tidak hanya dapat meningkatkan energi tetapi juga pergerakan usus.

Terlepas dari popularitasnya, tidak banyak penelitian yang mengungkapkan mengapa kopi bisa membuat dorongan buang air besar (BAB) dalam beberapa menit setelah meminumnya.

"Dalam beberapa kasus, seperti halnya kopi dan buang air besar, tampaknya tidak ada permintaan medis untuk mendapatkan penyelidikan yang serius."

Demikian penuturan Direktur Laboratorium Motilitas Gastrointestinal di Rumah Sakit Umum Massachusetts, AS, Dr Kyle Staller.

Baca juga: Ternyata, BAB Bantu Turunkan Berat Badan

"Ini mungkin juga kasus yang jelas, yang berarti tidak perlu banyak penelitian untuk mengetahui kopi menginduksi BAB, ketika itu adalah bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang," lanjut dia.

Namun, beberapa penelitian kecil telah menunjukkan, minum kopi lebih efektif daripada air hangat dalam mendorong pergerakan usus.

"Tetapi, ini bukan berarti bahwa asupan air yang cukup tidak penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan, karena sekitar 60  dari tubuh kita terbuat dari air," ungkap ahli gizi dan Jurubicara Academy of Nutrition and Dietetics, Jerlyn Jones.

Sementara itu, menurut penelitian lainnya, senyawa di dalam kopi selain kafein juga mungkin bertanggung jawab atas pergerakan usus yang tiba-tiba.

Baca juga: Tips Atasi Kebelet BAB saat Ikut Lomba Lari Maraton

Identitas senyawa ini dan bagaimana interaksinya terhadap saluran pencernaan sebagian besar masih belum diketahui, tetapi itulah yang telah ditemukan para peneliti sejauh ini.

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com