Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbuat Kebaikan, Kunci Meningkatkan Kebahagiaan selama Bulan Ramadan

Kompas.com - 09/04/2022, 07:18 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih kita rasakan telah mendorong banyak orang untuk menyebarkan semangat kebaikan bagi sesama.

Mereka yang tergerak hatinya memilih berbagi dengan menyisihkan sebagian dari hartanya untuk meringankan beban orang-orang yang kesulitan.

Kendati kita harus berkorban uang, harta, waktu, dan tenaga, nyatanya berbuat kebaikan juga mendatangkan manfaat untuk diri sendiri.

Salah satunya adalah meningkatnya kebahagiaan dalam diri sendiri seperti yang diungkapkan mantan anggota JKT48, Melody Laksani.

Mengutip data World Happiness Report 2022, wanita berusia 30 tahun itu mengatakan bahwa berbuat kebaikan merupakan salah satu variabel yang memengaruhi tingkat kebahagiaan.

Berbuat kebaikan menjadi salah satu tolok ukur untuk menilai tingkat kebahagiaan selain variabel tingkat PDB, harapan hidup, sosial, kebebasan, dan korupsi.

"Ini mungkin terjadi karena seseorang itu merasakan kebahagiaan dari membantu orang lain. Kaya dopamine gitu," kata Melody dalam Virtual Media Gathering ShopeeFood "Berbagi Bahagia di Bulan Berkah," Jumat (8/4/2022).

Melody juga mengatakan, berbagi membuatnya lebih damai sekaligus mempercayai bahwa setiap amal baik akan mendatangkan berkah.

Apalagi jika dilakukan selama bulan Ramadan, ketika orang yang berpuasa disadarkan akan pentingnya kepekaan terhadap sesama dan nilai hidup sederhana.

"Kan juga dilipatgandakan pahalanya dan makin deket aja sama Tuhan," ungkap mantan member JKT48 generasi pertama ini.

"Aku lebih bahagia (ketika berbagi), terus diingatkan lagi dengan rasa bersyukur bahwa kita masih diberi rezeki oleh Allah."

Melody yang kini sudah berkeluarga mengutarakan cara berbaginya dilakukan dengan mengirimkan paket makanan menggunakan aplikasi pesan antar untuk orang-orang yang dicintainya.

"Walaupun masih harus menghadapi beberapa keterbatasan dalam merayakan Ramadan di tengah pandemi, promo makanan memungkinkan kita untuk tetap dapat merasakan indahnya momen berbagi dan kebersamaan."

Baca juga: Sedang Sedih? Cari Kebahagiaan dengan Menolong Orang Lain

Hubungan berbuat kebaikan dan kebahagiaan

Manfaat berbuat kebaikan untuk meningkatkan kebahagiaan ternyata juga ditemukan dalam studi yang dilakukan peneliti dari Harvard Business School Michael Norton.

Studi mendapati fakta bahwa memberi bantuan uang kepada orang lain mampu meningkatkan kebahagiaan ketimbang saat mereka membelanjakan uangnya untuk diri sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com