Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2022, 10:17 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Pertanyaan

Halo saya ingin berkonsultasi tentang anak balita saya, laki-laki berusia 4.5 tahun. Dia anak yang sangat aktif, tidak bisa diam, dan ingin memegang semua benda di sekitarnya. Saya tidak tahu apakah dia tergolong anak aktif atau hiperaktif.

Tahun ini seharusnya dia sudah masuk TK, tapi saya tidak tahu apakah dia bisa duduk diam di kelas. Kalau ingin memeriksakan kondisi anak saya, sebaiknya ke dokter apa? Apa bisa ditanggung BPJS? Terima kasih jawabannya.
Nadia Trifinia, Palembang

Baca juga: 7 Makanan yang Tidak Terduga Bisa Bikin Anak Hiperaktif

Psikolog Jane Cindy Linardi M.Psi, CGADok pribadi Psikolog Jane Cindy Linardi M.Psi, CGA
Jawaban
Hallo Ibu Nadia, terima kasih atas pertanyaannya.
Untuk menentukan diagnosis apakah anak balita Ibu tergolong anak yang aktif atau hiperaktif tentunya diperlukan pemeriksaan secara langsung ya, Bu.

Pemeriksaan dilakukan secara langsung agar dapat digali lebih jelas keluhan yang Ibu sampaikan. Pemeriksaan dapat dilakukan oleh psikolog anak dan remaja.

Nantinya psikolog ini akan melakukan observasi terhadap perilaku anak balita Ibu selama beberapa waktu.

Beberapa psikolog anak ada yang berpraktik di Puskesmas atau di rumah sakit yang bekerja sama dengan program BPJS. Ibu bisa mengecek ke fasilitas kesehatan terdekat dari lokasi Ibu ya. Semoga membantu.

Narasumber Jane Cindy Linardi M.Psi, Psi, CGA

Psikolog dari RS Pondok Indah, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan

Punya pertanyaan seputar pola asuh anak? Kirimkan pertanyaan Anda ke rubrik Tanya Pakar Kompas.com. Setiap pertanyaan akan dijawab langsung oleh pakarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com