Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2022, 13:11 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Will Smith resmi dilarang untuk menghadiri acara Academy Awards selama 10 tahun ke depan sebagai buntut dari tindakannya yang tidak mengenakan saat ajang Oscar beberapa waktu lalu.

Seperti yang diketahui sebelumnya, aktor berusia 53 tahun itu menampar Chris Rock ketika komedian itu tampil di panggung Academy Awards pada 27 Maret dan membuat lelucon mengenai potongan rambut istri Smith, Jada Pinkett Smith.

Sementara, gaya rambut pendek bahkan botak memang harus dipilih oleh Pinkett Smith karena dia mengalami kerontokan rambut akibat penyakit alopecia.

Baca juga: Will Smith Mundur dari The Academy, Simak Pernyataan Lengkapnya..

"Dewan telah memutuskan, untuk jangka waktu 10 tahun sejak 8 April 2022, Smith tidak akan diizinkan untuk menghadiri acara atau program Academy apa pun, secara langsung atau virtual, termasuk namun tidak terbatas pada Academy Awards."

Demikian penuturan presiden dari Academy, David Rubin dan CEO Dawn Hudson dalam sebuah pernyataan pada Jumat (8/4/2022).

Keputusan itu dibuat dalam rapat dewan yang diadakan pada hari sebelumnya di Los Angeles.

Pertemuan itu, yang semula dijadwalkan pada 18 April, dipercepat setelah Smith mengumumkan pengunduran dirinya dari Academy pekan lalu.

Baca juga: Gampar Chris Rock di Oscar, Apakah Karier Will Smith Bakal Tamat?

Smith juga dengan cepat langsung merespons tentang larangannya untuk menghadiri Oscar selama 10 tahun melalui sebuah pernyataan singkat

"Saya menerima dan menghormati keputusan Academy," kata aktor itu kepada CNN.

Keputusan itu muncul setelah banyak perdebatan mengenai apa konsekuensi dari tamparannya di atas panggung.

"Oscar ke-94 dimaksudkan untuk menjadi perayaan banyak individu di komunitas kami yang melakukan pekerjaan luar biasa tahun lalu," tulis surat Academy.

"Namun, saat-saat itu dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya yang kami lihat dari Tuan Smith di atas panggung.

Baca juga: Usai Insiden di Oscar, Followers Will Smith Nambah 1,6 Juta Dalam Hitungan Jam

"Untuk itu, kami minta maaf. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk memberi contoh bagi para tamu, pemirsa, dan keluarga Academy kami di seluruh dunia, dan kami gagal atau tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya," tambahnya.

Menurut sebuah sumber, meskipun Smith telah mengundurkan diri — tidak lagi menjadi bagian dari badan pemungutan suara Academy — tetapi itu tidak dapat mencegahnya untuk dinominasikan di masa depan.

Selain itu, Smith juga masih bisa dinominasikan meskipun dilarang menghadiri Oscar karena "standar perilaku" yang dilakukannya tidak berlaku untuk kelayakan penghargaan.

Biasanya, pemenang aktor terbaik tahun sebelumnya mempersembahkan penghargaan aktris terbaik tahun ini (dan aktris terbaik yang berkuasa mempersembahkan piala aktor terbaik).

Dengan larangan Smith, Oscar harus mematahkan tradisi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com