Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutinitas Skincare untuk Leher, Jangan Sampai Terlewat

Kompas.com - 15/04/2022, 11:47 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber InStyle

KOMPAS.com - Saat menggunakan produk skincare, umumnya seseorang hanya menggunakannya di wajah. Padahal, pemakaian skincare pada leher tak kalah penting.

Apalagi, skincare bisa menjadi kunci agar leher dan belahan dada kita terlihat lebih baik lho.

Namun, skincare apa saja yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit leher?

Dilansir dari Real Simple, dokter kulit bersertifikat di New York, dr. Yunyoung Claire Chang, mengatakan bahwa leher dan décolletage (belahan dada) sebenarnya memiliki lebih sedikit kelenjar minyak dibanding wajah, membuatnya lebih rentan kering.

Untuk mengatasi masalah ini, Dr. Chang merekomendasikan agar kita memberi kulit leher tambahan hidrasi, baik itu dengan serum, pelembap yang lebih kental, atau masker penghidrasi guna menjaga kulit tampak segar dan montok.

Dokter Chang juga mengatakan bahwa kita bisa menggunakan cairan ekstra dari produk untuk wajah pada leher di akhir rutinitas perawatan kulit.

"Ingatlah untuk menggunakan krim pelembap setelah memakai masker guna mengunci hidrasi pada kulit leher,” ujarnya.

Selain itu, dokter kulit bersertifikat di Skin Oasis Dermatology di Maryland dr. Katina Byrd Miles mengatakan bahwa serum dengan retinol, asam hialuronat, dan antioksidan seperti vitamin C juga dapat membantu menjaga integritas kulit dan meminimalisir pigmentasi yang tidak diinginkan.

Banyak ahli yang merekomendasikan agar kita menggunakan produk-produk di atas dengan menerapkan gerakan ke atas.

Apakah ada produk skincare yang harus digunakan setiap hari?

Jawabannya, ada.

Melihat kontributor utama penuaan dini pada leher adalah matahari, sebaiknya kita menggunakan sunscreen atau tabir surya (setidaknya dengan SPF 30) setiap hari, terlepas dari apakah kita pergi ke luar rumah atau tidak.

Lalu selain perlindungan matahari topikal, dr. Miles dan dr. Chang merekomendasikan agar kita menggunakan pakaian yand dapat melindungi kita dari paparan sinar matahari, antioksidan, dan produk anti penuaan seperti retinol di leher dan décolletage.

Baca juga: 9 Cara Rumahan Mencerahkan Leher yang Hitam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber InStyle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com