Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Tidur di Atas Sarung Bantal Sutra Buat Rambut Lebih Baik?

Kompas.com - 15/04/2022, 14:23 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat membeli seprai dan sarung bantal, tak jarang seseorang memilihnya bukan hanya berdasarkan kenyamanan, tapi juga fungsi lainnya.

Misalnya, seprai dan sarung bantal dari bambu atau eucalyptus. Seprai dengan dua bahan ini bukan hanya nyaman, namun juga membuat orang yang tidur di atasnya tetap merasa dingin sepanjang malam.

Nah selain bambu, sutra merupakan jenis kain yang banyak dipilih sebagai bahan untuk seprai dan sarung bantal karena kelembutannya.

Tak hanya itu, banyak ahli kecantikan yang mengklaim bahwa tidur di atas sarung bantal berbahan sutra akan membuat rambut nampak lebih baik keesokan paginya.

Namun, benarkah sarung bantal sutra baik bagi kesehatan rambut?

Untuk mengetahuinya, simak paparan berikut ini.

Manfaat sutra

Jika ingin meningkatkan kesehatan rambut, tidur di atas sarung bantal sutra adalah cara yang tepat.

Sebab, sutra memiliki tekstur halus dan lembut yang membantu meminimalisir listrik statis pada rambut dan mengurangi masalah terkait rambut lainnya.

“Gesekan dari katun dapat mengganggu lapisan kutikula, menyebabkan rambut kusut, patah, kusut, dan helai rambut kering,” kata penata rambut selebritas Justine Marjan.

“Sedangkan sutra tidak menyerap atau menarik kelembapan dari kulit seperti sarung bantal katun tradisional, membuat rambut terhidrasi dan bebas kusut,” sambungnya.

Selain itu, menurut Richy Kandasamy, seorang pewarna rambut dan anggota R+CoCollective, tidur di atas kain sutra akan membuat rambut bertekstur lebih segar dan tidak terlihat terlalu berantakan saat kita bangun tidur di keesokan harinya.

Bagaimana sutra mempengaruhi berbagai tipe rambut 

Bagi mereka yang memiliki rambut bertekstur dan keriting, tidur di atas seprai sutra sangat bermanfaat.

Sebab, rambut akan terlihat lebih terhidrasi, lebih berkilau, dan pola ikanya pun akan terlihat lebih sehat.

Mereka yang memiliki rambut lurus dan bergelombang juga bisa mendapatkan keuntungan dari memakai sarung bantal dengan bahan ini.

“Saat Anda berbaring di atas sarung bantal sutra atau satin, minyak alami dari rambut akan dipertahankan, bukan diserap, membuat rambut ternutrisi, tidak kering, dan lebih berkilau,” ujar Kandasamy.

Lalu, bagi yang senang menata rambut dengan blow, sarung bantal ini dapat membuat gaya rambut bertahan lebih lama.

“Karena sutra mendorong lapisan luar kutikula rambut dan membuatnya rata, helaian rambut terlihat dan terasa lebih halus, seperti sutra,” ujar Marjan.

Baca juga: Jaga Kecantikan dengan Tidur Pakai Sarung Bantal Sutra

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com