Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Bagaimana Menumbuhkan Mental yang Tangguh?

Kompas.com - 19/04/2022, 12:21 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ikko Annata

KOMPAS.com - Dalam menjalani kehidupan, manusia tentu mendapati berbagai rintangan yang harus dilewati. Dalam menghadapi berbagai tantangan, dibutuhkan mental yang kuat agar mampu melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Menumbuhkan mental yang kuat tentu memerlukan energi yang cukup untuk mewujudkannya. Di samping itu, kamu juga harus menemukan support system yang dapat membantu kamu mewujudkannya.

Jangan pernah bosan untuk terus mencoba dan menemukan formulasi yang tepat, agar kamu bisa menjadi kuat dalam menghadapi persoalan hidup.

Di sisi lain, kamu juga diperbolehkan untuk merasakan kesedihan, jika mengalami kekecewaan berat, dengan catatan jangan jadikan kesedihan itu menjadi berlarut.

Henry Manampiring dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk, “Melatih Mental Agar Lebih Tangguh” membagikan cara melatih mental yang tangguh untuk diri sendiri dengan ala stoa di Filosofi Teras.

Melansir Gramedia, dalam filosofi stoicism kita diajarkan untuk bertanggung jawab atas cara pandang kita terhadap sesuatu. Kita harus bisa menarik garis pembeda antara hal-hal yang bisa dikendalikan, dan yang tidak bisa dikendalikan.

Dunia ini tidak hanya berputar pada diri kita saja. Epictetus mengatakan, jika kita mengharapkan semesta akan memberikan hal-hal yang kita inginkan, maka yang akan didapat justru kekecewaan.

Namun, jika kita menerima apa pun yang diberikan oleh semesta, maka hidup kita akan jauh lebih damai dan bahagia. Tahapan yang bisa dilalui agar menjadi pribadi yang damai dan bahagia, adalah menjadikan diri sendiri memiliki mental yang tangguh.

Baca juga: Jangan Sampai Punya Pola Pikir Scarcity Mentality!

Memperbaiki Pola Pikir

Filosofi Teras mengajarkan agar kita juga turut memikirkan kemungkinan hal buruk yang akan terjadi. Filsafat stoa menganggap itu sebagai suatu bentuk kedewasaan emosional dan spiritual.

Kedewasaan bukan hanya tentang menerima segala sesuatu, pikirkan suatu hal dengan rasional. Jika suatu hari kemungkinan buruk itu terjadi, kita sudah tahu cara mengatasinya sehingga tidak berlarut dalam keterpurukan yang menghantui.

Memiliki rasa percaya diri memang bagus, namun perlu diingat jika hal tersebut juga berpotensi menjadi sumber utama kekecewaan. Berusaha menjadi yang terbaik memang penting, namun harus dibarengi juga dengan berbagai kemungkinan yang akan terjadi kedepannya.

Mental yang Tangguh

Jika hidup berjalan tak sesuai harapan, jangan fokus pada hal-hal eksternal yang dianggap membawa pengaruh buruk bagi hidup kita. Boleh sedih asalkan jangan berlarut menyalahkan dunia dan menganggapnya tidak adil.

Refleksikan diri sendiri agar kamu tahu hal mana saja yang harus diperbaiki. Jadikan evaluasi tersebut sebagai bahan pembelajaran untuk selanjutnya. Saat menerima suatu kebaikan, kamu juga perlu waspada. Perlakukanlah kebaikan itu sebagai pinjaman, suatu saat mungkin bisa hilang dan diambil.

Kamu juga bisa menumbuhkan mental yang kuat dengan rutin melakukan meditasi untuk menghilangkan stres. Penerapan pola hidup sehat juga bisa dilakukan, mengingat mental yang kuat didapatkan melalui kondisi fisik yang sehat dan bugar.

Marcus Aurelius mengatakan, jadikan diri kamu sebagai suatu tebing parang, meski dihajar laut, tetap tenang dan kokoh. Mental yang tangguh tidak mudah dipengaruhi faktor eksternal. Tangguh bukanlah orang yang akan merasa bahagia jika sekelilingnya berjalan sesuai keinginannya.

Dengarkan terus siniar Anyaman Jiwa bersama Henry Manampiring episode “Henry Manimpiring: Melatih Mental Agar Lebih Tangguh” yang bisa kamu akses melalui tautan berikut https://dik.si/aj_mental. Jangan lupa untuk follow podcast Anyaman Jiwa, agar kamu terus mendapat insight seputar kesehatan mental, mulai dari area pekerjaan, hubungan percintaan, dan sebagai makhluk sosial, hanya di Spotify!

Baca juga: Interaksi Daring dan Kesehatan Mental

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com