Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kiat Menjadi Suami, Ayah, dan Kepala Keluarga yang Baik

Kompas.com - 23/04/2022, 20:57 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Ketika seorang pria memutuskan untuk menikahi pasangannya, ia harus sadar bahwa dirinya kelak tak hanya bertanggung jawab membangun rumah tangga bersama sang istri, tetapi juga untuk anak-anaknya.

Dengan kata lain, seorang pria yang berkeluarga nantinya akan memiliki peran ganda, yakni sebagai suami dari sang istri, serta ayah dari anak-anaknya.

Ditambah, di luar lingkup keluarga, seorang pria juga acap kali menjadi tulang punggung keluarga sebagai pencari nafkah.

Oleh karena segala tanggung jawab besar tersebut, seorang pria berkeluarga harus pandai-pandai membagi waktu sehingga tetap dapat menjalin hubungan romantis bersama istri dan membantu mendidik anak-anak.

Salah seorang pria yang memikul segala beban ini adalah Aiman Witjaksono. Meskipun dikenal sebagai sosok jurnalis senior sekaligus presenter berita di Kompas TV, bukan berarti Aiman hanya berfokus pada profesinya saja.

Ia juga merupakan seorang suami dari istri tercinta, serta ayah dari anak-anak tersayang.

Melalui siniar (podcast) miliknya bertajuk “Menjadi Seorang Ayah dan Suami”, Aiman membagikan kisah-kisahnya berkeluarga dan kiat-kiat membagi waktu bersama mereka.

Aiman berpesan kepada para pria berkeluarga di luar sana mengenai tanggung jawab besar yang diemban. “Jangan takut lelah, karena memang dunia adalah tempat berlelah-lelah. Nikmati, maksimalkan, manfaatkan, dan banyak sumbangasih bagi sesama dan alam.”

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk dapat tetap berperan baik sebagai suami dari istri, serta ayah dari anak? Berikut yang bisa dilakukan.

Baca juga: Ayah Lebih Banyak Luangkan Waktu Bersama Anak Selama Pandemi

Menjadi Bijaksana dan Panutan

Seperti yang didefinisikan oleh Cambridge Dictionary, bijaksana merupakan suatu kemampuan untuk dapat membuat keputusan yang baik berdasarkan pemahaman mendalam serta pengalaman hidup.

Kemampuan ini sangat diperlukan oleh para suami dan ayah dalam membina rumah tangga yang harmonis.

Hal ini dapat dimulai dengan mendengarkan keluh kesah istri atau anak secara aktif, memberikan solusi yang berfokus pada emosi dan masalah, serta berada bersama mereka ketika diperlukan.

Dengan kebijaksanaan itu pula, lantas seorang pria berkeluarga dapat memposisikan dirinya sebagai panutan yang dapat dicontoh. Misalnya, mempraktikan semua kebijaksanaan yang telah disampaikan.

Lewat Komunikasi, Tunjukkan Kepedulian dan Kasih Sayang

Dalam konteks hubungan suami-istri, menurut Jonathan Robinson, penulis buku More Love, Less Conflict: A Communication Playbook for Couples, salah satu aspek paling mendasar dalam hubungan pernikahan adalah,

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com