Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pandang soal Penuaan Ternyata Memperpanjang Umur, Sudah Tahu?

Kompas.com - 25/04/2022, 11:00 WIB
Gading Perkasa,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Penuaan adalah proses yang alami pada manusia. Tidak hanya memengaruhi kondisi fisik, penuaan juga memengaruhi kondisi psikologis.

Kajian mengenai psikologi penuaan diteliti oleh Becca Levy, profesor di Yale School of Public Health selama puluhan tahun.

Dalam studi yang dikerjakannya, dia seringkali meminta individu menyebutkan lima kata untuk mendefinisikan orang lanjut usia.

Orang-orang di Amerika Serikat mengaitkan lansia dengan kehilangan ingatan. Sedangkan di China, lansia dianggap memiliki kebijaksanaan.

Baca juga: Ingin Umur Panjang? Bersikaplah Optimistis

Temuan studi Levy menunjukkan, pandangan kita terkait penuaan dapat mengubah proses penuaan, bahkan memperpanjang hidup sekitar 7,5 tahun.

Studi dan wawancara Levy mengenai penuaan dituangkan dalam buku barunya berjudul "Breaking the Age Code: How Your Beliefs About Aging Determine How Long & Well You Live".

Pada buku itu, dijelaskan keyakinan positif tentang penuaan merupakan kunci untuk menikmati masa tua dan menjaga kesehatan.

"Dalam studi demi studi yang saya lakukan, saya menemukan lansia dengan persepsi penuaan yang lebih positif lebih baik secara fisik dan kognitif daripada mereka yang memiliki persepsi negatif," tulis Levy.

"Lansia yang memiliki persepsi positif terkait penuaan lebih mudah pulih dari kecacatan, mengingat lebih baik, berjalan lebih cepat, dan hidup lebih lama."

Menurut Levy, stigma penuaan yang terbentuk di masa muda kita dapat menjadi kenyataan ketika kita memasuki usia lanjut.

Baca juga: 10 Rahasia Umur Panjang dari Wanita Tertua di Dunia Berusia 119 Tahun

Kita membayangkan kondisi pikiran dan tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia, sehingga kita cenderung tidak menerapkan pola hidup sehat karena menganggap upaya itu sia-sia.

Daripada berpikiran negatif, kita bisa memelajari banyak hal untuk menjaga umur panjang, ingatan, dan kesehatan fisik di hari tua. Caranya?

Halaman:
Sumber NYPost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com