Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlian Biru Terbesar di Dunia Terjual dengan Harga Rp 834 Miliar

Kompas.com - 29/04/2022, 11:40 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Berlian biru terbesar di dunia yang sempat dilelang beberapa waktu lalu telah terjual seharga 450.925.000 dolar Hongkong atau sekitar Rp 834 miliar.

Dinamakan "The De Beers Cullinan Blue," permata step-cut 15,10 karat besar yang ditawarkan di rumah lelang Sotheby's di Hong Kong itu terjual setelah adanya perang penawaran selama delapan menit yang melibatkan empat orang pembeli.

Akhirnya, lelang tersebut dimenangkan oleh seorang pembeli anonim melalui sambungan telepon dengan jumlah yang melampaui perkiraan harga awal sebesar 48 juta dolar AS atau sekitar Rp 696 miliar.

Berlian langka ini ditemukan di tambang Cullinan Afrika Selatan pada tahun 2021 lalu, dan langsung meraih peringkat tertinggi dalam penilaian berlian berwarna.

Sotheby's, Gemological Institute of America (GIA) mengklasifikasikan permata itu sebagai "fancy vivid blue" alias tingkat warna teratas yang diberikan kepada tidak lebih dari 1 persen berlian biru yang diserahkan ke organisasi tersebut.

The De Beers Cullinan Blue The De Beers Cullinan Blue
Menggambarkan berlian itu sebagai "sangat langka," Sotheby menambahkan bahwa hanya ada lima permata lebih dari 10 karat yang pernah muncul di lelangnya dan tidak ada yang lebih dari 15 karat.

Karena itu, kehadiran permata satu ini menjadi salah satu peristiwa bersejarah dalam dunia lelang.

Dengan harga akhir sebesar 57.471.960 dolar AS (834.262.971.360 rupiah), The De Beers Cullinan Blue ini hampir memecahkan rekor berlian biru termahal yang pernah dijual di lelang.

Hingga kini, gelar itu masih dipegang oleh "Oppenheimer Blue" 14,62 karat, yang terjual dengan harga akhir yang hanya memiliki sedikit selisih saja dengan De Beers Cullinan Blue.

Ya, berlian yang dilelang pada tahun 2016 itu berhasil terjual dengan selisih harga di bawah 70.000 dolar dari De Beers Cullinan Blue, tepatnya 57.541.779 dolar AS (835.276.463.964 rupiah).

"Ini benar-benar batu yang hanya ada satu kalii dalam satu generasi, dan berlian ini merupakan berlian biru terbesar yang pernah saya lihat,” ujar Presiden Sotheby’s Asia, Patti Wong, dalam pernyataan yang sama.

Baca juga: The Enigma, Berlian Hitam dari Luar Angkasa Dijual Seharga Rp 97 M

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com