Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 11/12/2022, 14:47 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Bicara soal penuaan, kita tidak dapat memiliki umur yang lebih panjang tanpa menerapkan gaya hidup yang berkualitas.

Untuk itu, ahli gizi dan peneliti yang berfokus pada gaya hidup, Frank Hu, PhD, pun mengatakan bahwa tidak pernah terlambat bagi orang-orang untuk membuat perubahan gaya hidup yang lebih positif.

"Bahkan bagi mereka yang berusia 70 tahun atau lebih, mengikuti gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang sehat dan aktif secara fisik dapat memperpanjang umur," terangnya.

Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan dalam gaya hidup sehari-hari yang bisa diterapkan untuk membuat kita panjang umur.

1. Diet yang sehat

Studi menunjukkan bahwa mengikuti diet sehat dapat menambah sepuluh tahun hidup kita.

"Penting untuk meningkatkan harapan hidup bebas penyakit karena hal itu memiliki implikasi penting dalam kualitas hidup dan mengurangi biaya perawatan kesehatan secara keseluruhan," kata Hu.

"Memperpanjang umur saja tidak cukup, kami ingin memperpanjang rentang kesehatan, sehingga harapan hidup yang lebih panjang disertai kondisi sehat dan bebas dari penyakit kronis utama maupun kecacatan yang terkait dengan penyakit tersebut," ujar dia.

Baca juga: Tips Memasak Ala Penduduk Zona Biru agar Panjang Umur

2. Melakukan aktivitas fisik secara rutin

Menurut penelitian, tetap aktif sepanjang hari sangat berkaitan dengan hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

"Kami menemukan bahwa aktivitas fisik tingkat rendah — setara dengan berjalan kaki sekitar 10 menit sehari — dikaitkan dengan peningkatan harapan hidup hampir 2 tahun," ungkap seorang dokter, Dr Steven Moore.

"Sementara itu, aktivitas tingkat tinggi — setara dengan berjalan kaki selama 45 menit sehari — telah dikaitkan dengan peningkatan hidup 4 tahun atau lebih," ujar dia.

Namun, orang yang mengalami obesitas dan tidak aktif bergerak akan kehilangan sekitar 7 tahun kehidupan dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal dan aktif bergerak.

Baca juga: Demi Panjang Umur, Harus Jalan Kaki Berapa Langkah per Hari?

3. Tidak merokok

Para ahli mengatakan bahwa tidak merokok atau berhenti merokok akan menambah tahun hidup kita.

"Jika kita berhenti merokok, baik itu kita berusia 40, 50, 60, atau 70 tahun, ada sejumlah besar data yang mengatakan bahwa kita akan hidup lebih banyak hari dan tahun lagi sejak saat itu," kata dokter spesialis paru, Dr Nate Hatton, MD.

"Semakin cepat kita berhenti, semakin sedikit penyakit paru-paru yang kita derita, yang berarti kualitas hidup akan selalu lebih baik," ungkapnya.

Sebab, merokok dapat melanggengkan kerusakan paru-paru dan pada akhirnya kita akan membutuhkan oksigen lebih.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Eat This


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com