Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Compression Sport, Pakaian Olahraga yang Bisa Mencegah Cedera

Kompas.com - 23/05/2022, 09:59 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini ada banyak jenis pakaian olahraga yang dapat kita pilih untuk berolahraga dengan nyaman, salah satunya adalah pakaian olahraga berteknologi compression sport.

Bukan hanya sekadar nyaman, compression sport juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti meningkatkan aliran darah, meningkatkan performa, hingga mengurangi cedera saat kita sedang berolahraga.

Menurut General Practitioners Royal Sport, Dr Bernadette Laura, saat berolahraga tubuh kita akan membutuhkan oksigen dan nutrisi.

Jadi, dengan mengenakan compression sport saat berolahraga, itu bisa lebih mengoptimalkan peredaran darah dan otot di tubuh kita.

Compression sport memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan aliran darah, meningkatkan performa, hingga mengurangi cedera saat kita sedang berolahraga.2XU (2 Times U) Compression sport memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan aliran darah, meningkatkan performa, hingga mengurangi cedera saat kita sedang berolahraga.
"Tidak harus latihan berat, aktivitas kita sehari-hari kan juga membutuhkan oksigen," terangnya dalam acara pembukaan gerai terbaru 2XU di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (21/5/2022).

"Dengan compression sport, itu bisa membantu aliran darah kita menjadi lebih lancar untuk mencapai otot dan mencegah peradangan karena mungkin otot terlalu diforsir," sambung dia.

Dokter Laura juga menambahkan, bahwa secara ilmiah compression sport bisa mengurangi peradangan atau inflamasi untuk recovery sebesar tiga persen.

Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai compression garment dan manfaatnya dalam hal olahraga.

Produk compression sport dari 2XU

Peluncuran gerai terbaru 2XU dan memperkenalkan produk compression sport di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (21/5/2022).KOMPAS.COM/RYAN SARA Peluncuran gerai terbaru 2XU dan memperkenalkan produk compression sport di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (21/5/2022).
Sehubungan dengan peluncuran gerai terbarunya, merek pakaian olahraga asal Australia, 2XU (2 Times U), pun memperkenalkan produk compression sport unggulannya yakni MCS Compression.

MCS (muscle containment stamping) merupakan sistem pendukung kain pakaian olahraga revolusioner yang dapat menelusuri otot, tendon, dan kelompok fascia untuk mendukung otot utama dalam melawan kelelahan maupun ketegangan otot selama latihan intensif.

Keunggulan ini juga dapat membantu atlet atau profesional melakukan persiapan, performa, dan pemulihan yang lebih baik.

Ada pun 2XU memiliki 4 tipe compression dengan tingkat kompresi yang berbeda untuk setiap aktivitas olahraga.

Keempat tipe tersebut adalah Form (tingkat kompresi mild), Core, Aero, Motion & Ignition (tingkat kompresi moderate), Force & Light Speed (tingkat kompresi firm), dan Recovery (tingkat kompresi extra firm).

"Keempat tipe compression ini bisa digunakan oleh semua kalangan tidak hanya atlet saja. Bagi yang suka berolahraga mulai dari ringan hingga sedang bisa menggunakannya dengan tingkat kenyaman masing-masing."

Demikian penuturan Lilyana Gani, Brand General Manager MAP Active.

Sementara itu, dari segi material, Lily mengatakan bahwa produk compression 2XU itu anti odor dan anti bacterial, serta fleksibel.

"Compression ini telah melewati banyak lab testing. Jadi selain nyaman dan dapat mencegah cedera, bahannya tidak mudah melar dan bisa awet digunakan 3-4 tahun," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com