Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iqbaal Ramadhan Menyukai Thrifting, Apa Alasannya?

Kompas.com - 31/05/2022, 11:45 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rupanya, Iqbaal Ramadhan suka membeli pakaian bekas alias thrifting.

Menariknya, hal itu tidak dilakukan dengan tujuan berhemat atau tidak punya uang, namun demi menjaga lingkungan,

“Iya, thrift. Kalau bukan urusan professional work atau kerjaan, kurangi-kurangi baju-baju fast fashion atau membeli baju-baju baru. Kalau di sini banyak sih ya thrift store gitu. Itu juga bisa mengurangi sampah," ujar Iqbaal dalam webinar Be Seen Be Heard yang digelar The Body Shop pada Senin (30/5/2022)

Ya, Iqbaal memang dikenal aktif dalam menjaga lingkungan dengan melakukan hal-hal sederhana.

Selain thrifting, Iqbaal juga melakukan beberapa hal lain dalam usahanya menjaga lingkungan, seperti membawa tumbler dan tote bag ke manapun dia pergi.

“Bawa tumbler is a must. Selain itu, aku selalu bawa tote bag, kebetulan punya dua di sini. Aku punya satu tote bag yang selalu aku bawa. Jadi habis aku pakai, langsung aku masukin ke tas, yang satu lagi lumayan gede, khusus dipakai untuk groceries,” ujar Iqbaal.

Baca juga: Apa Itu Keren Menurut Iqbaal Ramadhan

Iqbaal yang saat ini tengah menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di Melbourne, Australia ini juga mengaku hampir tidak pernah menggunakan AC, apalagi jika menjelang musim dingin. Bahkan, dia membatasi penggunaan air dan selalu memasak makanan secukupnya.

Lalu selain menceritakan kisahnya dalam menjaga lingkungan, Iqbaal pun memberi saran bagi mereka yang ingin memulai gaya hidup berkelanjutan dan tetap konsisten menjalaninya.

“Menurut saya, semuanya harus diawali dari diri sendiri. Jadi, gimana tentang aku tuh ingin berkontribusi seperti apa sih untuk lingkungan, ingin menjadi individu yang seperti apa intinya. Jadi, ketika aku punya mindset (pola pikir) itu, aku pasti akan melakukan hal-hal yang aku bisa, meski tidak ada yang melihat atau spotlight media.” tuturnya.

“Kita nggak melakukannya untuk orang lain, tapi untuk diri kita sendiri. Intinya, berharap kita bisa berkontribusi lebih untuk bumi lah,” lanjutnya.

Selain pola pikir tersebut, Iqbaal juga menyarankan agar kita tak merasa minder karena hanya bisa melakukan hal kecil dalam menjaga lingkungan.

“Jangan merasa kalau apa yang kamu lakukan itu effortless. Hal sekecil apapun bisa berpengaruh bagi bumi dan lingkungan,” pungkasnya.

Baca juga: Cara Sederhana Iqbaal Ramadhan Lestarikan Lingkungan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com