Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Smartphone akan Lampaui SLR di Tahun 2024, Mungkinkah?

Kompas.com - 05/06/2022, 10:00 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Teknologi kamera smartphone semakin hari kian berkembang.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan kualitasnya kelak bisa melampaui kamera single lens reflex (SLR).

Ya, pandangan itulah yang dikatakan CEO divisi Semiconductor Sony, Terushi Shimizu beberapa waktu lalu.

Menurut dia, kualitas kamera smartphone sudah akan melampaui kamera SLR pada tahun 2024 mendatang,

Baca juga: 5 Tips Foto Makanan untuk Bisnis Kuliner, Cuma Modal Kamera Ponsel

Diaporkan NIkkei, belum lama ini Sony memang menggelar sesi pengarahan bisnis untuk program Imaging and Sensing solutions milik Sony.

Saat itulah, Shimizu mengatakan, dia dan divisinya memprediksi kualitas kamera smartphone akan melampaui gambar yang diambil dengan kamera SLR.

“Kami memperkirakan foto tidak bergerak (still image) akan melampaui kualitas gambar kamera single-lens reflex pada beberapa tahun ke depan,” ujar Shimizu.

Shimizu berpendapat, hal itu dapat terjadi berkat penggabungan sensor, aperture (bukaan lensa) yang lebih besar, dan teknologi fotografi komputasional.

Materi presentasi ini juga menunjukkan keyakinan Sony bahwa dalam berbagai model smarthone kelas atas dengan sistem kamera berperforma lebih baik yang tengah dikembangkan.

Caranya adalah dengan meningkatkan ukuran sensor dan menggabungkannya dengan image signal processors (ISP) yang lebih baik.

Kondisi inilah yang membuat Sony memprediksi bahwa ukuran rata-rata ukuran sensor kamera pada smartphone kelas atas akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2024 mendatang.

Baca juga: Apakah Anda Berani Abadikan Seluruh Momen Pernikahan dengan Kamera Ponsel?

Nah, kedua faktor di atas serta hal yang disebut "kejenuhan kuantum" dan pemrosesan kecerdasan buatan (computational photography) membuat Sony yakin kamera interchangeable lens (ILC) seperti SLR akan tertinggal oleh teknologi smartphone.

Tak berakhir di situ, Sony pun memprediksi, kualitas video berkecepatan tinggi dalam smartphone akan meningkat pesat, dengan megapiksel lebih tinggi dan fokus otomatis yang lebih baik.

Selain fitur di atas, Sony berpendapat, beberapa kinerja video lain seperti high speed readout yang mendukung video 8K, pemrosesan multi-frame untuk HDR yang lebih baik, dan pemrosesan AI yang lebih kuat.

Bahkan, Sony meyakini, dengan menggunakan distance information, kemungkinan melalui time-of-flight sensor atau LiDAR, fokus akan menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih akurat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com