Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Langka Harry Potter Edisi Pertama Dilelang dari Harga Rp 3,6 M

Kompas.com - 07/06/2022, 21:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi beberapa orang, dunia Harry Potter yang penuh dengan fantasi adalah kenangan masa kecil yang sangat penting dan tidak terlupakan.

Entah kita melihat keajaibannya melalui layar televisi maupun buku, cerita Harry Potter ini selalu memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya.

Dan jika kita adalah salah satu penggemarnya, kita pasti tahu betapa luar biasanya mendapatkan salinan edisi pertama dari buku yang memulai semuanya yakni Harry Potter and the Philosopher's Stone.

Baca juga: Bantu Ukraina, Grimes Lelang Aksesori yang Dipakai Saat Met Gala

Mimpi itu akan segera menjadi kenyataan bagi seorang peserta lelang pribadi yang diadakan oleh rumah lelang Christie's.

Pasalnya, rumah lelang yang berbasis di London itu menjual salinan asli dari seri pertama Harry Potter selama acara pribadi pada bulan Juni ini.

Nah, untuk mendapatkan tiket masuk ke acara tersebut, Christie's memberikan penawaran mulai dari 250.000 dollar AS atau sekitar Rp 3,6 miliar.

Penjualan tersebut merupakan bagian dari pameran The Art of Literature yang diselenggarakan oleh balai lelang ini.

Baca juga: Untuk Amal, PJ Tucker Lelang 100 Pasang Sneaker di eBay

Menurut situs web Christie's, acara yang berlangsung dari tanggal 7 Juni-15 Juni itu menawarkan wawasan menarik mengenai karya-karya seniman maupun penulis terkemuka.

Di dalamnya ada nama-nama termasuk William Shakespeare, Peter Paul Rubens, Lucian Freud, Joan Mitchell, James Joyce, Pablo Picasso, Peter Doig, dan banyak lagi.

Ada pun buku langka Harry Potter yang dijual juga mencakup beberapa kesalahan dan tanda tangan dari penulisnya, J.K. Rowling.

"Ada beberapa hal menarik dari buku ini yang tampaknya merupakan kesalahan dalam produksi buku," kata seorang spesialis buku cetak dan ko-kurator pameran The Art of Literature, Mark Wiltshire.

Baca juga: Perhiasan Marie Antoinette Terjual Rp 115 Miliar di Acara Lelang

"Pada sampul belakang, misalnya, filsuf, yang tentu saja merupakan kata kunci salah dieja 'philosphers', huruf 'o' keduaitu hilang."

"Juga pada halaman 53, dalam daftar barang yang diminta murid untuk dibawa ke Hogwarts, 'satu tongkat sihir' diulang dua kali," terang dia.

Diketahui, buku ini merupakan salah satu dari 500 eksemplar yang dicetak pada awal tahun 1997.

Sebanyak 300 di antaranya dikirim ke perpustakaan dan yang dilelang bulan ini di Christie's adalah salah satu dari 200 lainnya.

Baca juga: Lukisan Picasso Terjual Lebih dari Rp 1,4 T di Lelang Sothebys

"Dalam banyak hal, buku ini adalah manifestasi fisik dari kenangan ajaib bagi banyak orang dan itulah yang membuatnya sangat diinginkan," tambah Wiltshire.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com