Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Kebugaran Sigourney Weaver di Usia 72 Tahun, Apa Itu?

Kompas.com - 20/06/2022, 11:09 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Sebagai seorang aktris, Sigourney Weaver sepertinya telah melakukan semuanya.

Dia pernah membintangi film selama beberapa dekade, acara televisi, pertunjukan Broadway, dan bahkan menceritakan banyak karya animasi, dokumenter, serta video game.

Dan pada usianya yang menginjak ke-72 tahun, Weaver tampak tetap bugar sampai membuat banyak penggemarnya bertanya-tanya apa yang dia lakukan.

Mengikuti pola makan vegan

Weaver dikenal karena sering memainkan peran wanita yang sangat kuat dan tangguh dalam film-filmnya.

Pada tahun 2020, dia pernah mengatakan kepada majalah Stellar bahwa rahasia untuk membangun stamina saat berada di industri hiburan adalah dengan mengikuti pola makan vegan.

Weaver belum banyak mengungkapkan tentang pola makan vegannya kepada publik, tetapi dia menjelaskan bahwa itu adalah nilai penting bagi dia dan keluarganya.

"Kami mencoba untuk selalu menjadi vegan," terangnya.

"Jim Cameron (yang merupakan sutradaranya dalam film Avatar) juga seorang vegan, jadi kami memiliki katering vegan di film Avatar. Suami saya, anak perempuan saya, dan saya benar-benar berusaha sangat keras untuk menjadi setidaknya vegetarian," sambung dia.

Baca juga: Lihat, 10 Pesohor Dunia yang Jalani Pola Hidup Vegan dan Plant Based

Manfaat dari pola makan vegan

ilustrasi lumpia vegan. SHUTTERSTOCK/Fortyforks ilustrasi lumpia vegan.
Tidak mengherankan bahwa banyak orang beralih ke pola makan vegan akhir-akhir ini, termasuk banyak selebritas terkenal seperti Natalie Portman, Lizzo, dan Sigourney Weaver.

Faktanya, lebih banyak penelitian sedang dilakukan untuk mengkonfirmasi bahwa ada banyak manfaat penuaan yang sehat untuk makan dengan cara ini.

Satu ulasan baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menyimpulkan bahwa mengikuti pola makan vegan atau nabati dapat membantu mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiometabolik.

Ini juga sekaligus dapat mengurangi risiko penyakit lainnya seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Dan ketika berbicara tentang kulit, pola makan vegan juga mungkin memiliki manfaat penuaan yang lebih baik.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, misalnya, menemukan bahwa mengonsumsi makanan vegan dengan pola makan utuh dapat mengurangi kerusakan sel yang berkaitan dengan penuaan kulit, serta membantu menyediakan vitamin A, C, dan E, yang semuanya penting untuk penuaan kulit yang sehat.

Terakhir, jika kita melihat orang tertua di dunia, kita akan melihat bahwa banyak dari mereka mengikuti pola makan vegan.

Faktanya, Zona Biru di dunia, yang memiliki populasi hidup paling lama, biasanya hanya makan daging pada acara-acara khusus karena sebagian besar mereka lebih banyak mengonsumsi makanan nabati.

Baca juga: Pola Makan Vegan dan Vegetarian, Apa Bedanya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com