Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Berapa Lama Waktu Ideal untuk Mempersiapkan Pernikahan?

Kompas.com - 26/06/2022, 09:11 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi Anda yang berencana menikah dalam waktu dekat mungkin bertanya-tanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan pesta pernikahan yang ideal?

Sebetulnya, tak ada standar khusus perihal durasi perisapan pernikahan. Namun, berdasarkan survei yang dilakukan Bridestory, sebanyak 27,8 persen responden mengatakan bahwa 10-12 bulan adalah waktu paling ideal menyiapkan pernikahan.

Kemudian, 25,5 persen responden memilih 3-6 bulan sebagai waktu terbaik untuk menyiapkan pernikahan.

Kedua waktu tersebut dinilai ideal sesuai kondisi dan preferensi masing-masing. Sebagai contoh, dalam jangka waktu 10-12 bulan calon pengantin dapat mempersiapkan bujet lebih besar untuk persiapan pernikahan.

Namun dalam waktu 3-6 bulan persiapan bisa lebih efektif, mengingat banyak hal yang tak terduga yang terjadi ketika pernikahan semakin dekat.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Perlu Diwaspadai Calon Pengantin

Soal lama waktu persiapan menikah bukan hanya untuk mempersiapkan resepsi, melainkan juga hal-hal lain. Salah satu hal penting dan wajib adalah persiapan kesehatan Generasi bersih dan sehat (Genbest) dan pasangan, meliputi, tes kesehatan menyeluruh, persiapan gizi, vaksinasi, dan menjaga kesehatan organ reproduksi.

Tak hanya itu, calon pengantin juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah, antara lain tes rhesus darah, pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan TORCH atau toksoplasmosis, rubella, cytomegalovirus, dan herpes.

Selain itu, pemeriksaan human immunodeficiency virus (HIV), hepatitis B, pemeriksaan penyakit menular seksual, gula darah, serta pemeriksaan kesuburan juga wajib dilakukan.

Sementara itu, calon pengangtin juga perlu melengkapi vaksinasi, seperti vaksin human papillomavirus (HPV) dan imunisasi tetanus toksoid (TT). Keduanya wajib demi menjaga kekebalan tubuh dari penyakit-penyakit berbahaya dan menular yang mungkin muncul.

Tak kalah penting, selama mempersiapkan pernikahan, pastikan Genbest juga menjaga kesehatan mental. Stres rentan terjadi karena kondisi yang sangat sibuk saat persiapan pernikahan. Namun ingat, saat stres daya tahan tubuh ikut menurun, alhasil membuat seseorang rentan sakit.

Baca Juga: 7 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah

Jadi, agar tubuh tetap sehat dan bugar saat momen pernikahan berlangsung, Genbest harus pandai-pandai mengelola stres, dan tentunya mengonsumsi makan sehat dan bergizi seimbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com