Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Deretan Negara yang Punya Layanan Kesehatan Mental Terbaik bagi Warganya

Kompas.com - 27/06/2022, 13:45 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akses layanan atau perawatan kesehatan mental yang baik di suatu negara menjadi hal yang penting untuk mendukung kesehatan mental warganya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan mental adalah keadaan sejahtera di mana seorang individu menyadari kemampuannya untuk dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitas mereka.

Tetapi, negara mana yang paling baik dalam menjaga kesehatan mental warganya?

Seorang spesialis asuransi kesehatan internasional, William Russell pun telah membuat peringkat 26 negara OECD (Organization of Economic Co-operation and Development), yang mempertimbangkan beberapa faktor yang terkait dengan mempromosikan kesejahteraan psikologis.

Ini termasuk keseimbangan kehidupan kerja, lingkungan, jumlah ruang hijau, dan pengeluaran publik untuk perawatan kesehatan mental.

"Setiap negara diberi skor normal dari sepuluh untuk setiap faktor, sebelum mengambil rata-rata di semua faktor untuk mencapai skor akhir kami dari sepuluh," jelas Russell.

Dengan skor 7,13, Swedia berada di puncak daftar negara dengan layanan kesehatan mental paling baik.

Setelah itu ada Jerman dengan 6,60 dan Finlandia dengan 6,47. Kemudian peringkat selanjutnya diduduki oleh Prancis yang memiliki skor 6,40.

Dengan skor 3,30, 2,07, dan 1,60, Polandia, Chili, dan Islandia berada di urutan terakhir.

Ada pun Swedia menempati urutan pertama berkat ruang hijaunya. Negara ini menjadi tuan rumah bagi hutan konifer yang rimbun, yang menyediakan lingkungan sempurna untuk relaksasi dan kesejahteraan mental.

Di samping itu, orang Swedia juga menikmati keseimbangan kehidupan kerja yang baik.

Kriteria ini pula yang menempatkan Jerman di posisi kedua. Negara ini juga mencurahkan lebih dari 11 persen anggaran kesehatannya untuk kesejahteraan psikologis warganya.

Sementara, Finlandia yang dikenal sebagai negara paling bahagia di dunia juga terlihat sangat menonjol karena faktor lingkungan, khususnya persentase ruang hijau yang tinggi yakni sekitar 73 persen dari wilayahnya.

Baca juga: Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2022, Finlandia Juara

Lalu, Prancis memimpin dalam hal pengeluaran publik untuk kesehatan mental yang mewakili total 15 persen dari anggaran kesehatannya.

Dan Prancis juga menempati urutan kedua dalam jumlah jam yang dialokasikan untuk rekreasi dan kesejahteraan dengan total 16,4 jam per hari.

"Posisi ini didapatkan Prancis karena ketentuan 35 jam kerja per minggu dan undang-undang yang mewajibkan perusahaan besar untuk tidak mengirim atau menerima email di luar jam kerja," jelas studi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com