Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Bagaimana Cara Menjadi Diri Sendiri?

Kompas.com - 05/07/2022, 16:26 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Sebagai manusia, kita terkadang merasa tidak puas dengan apa yang dimiliki diri sendiri sehingga kerap berusaha mengubahnya agar tampak lebih menarik. Ini dilakukan agar mendapat pujian dari orang-orang di sekitar.

Banyak perempuan yang akhirnya insecure dengan penampilannya. Jika dilakukan terus-menerus, ini bisa berdampak pada kesehatan mental, seperti menurunnya rasa percaya diri hingga stres berlebihan. Padahal, setiap orang memiliki keunikannya masing-masing.

Untuk menjadi pribadi yang lebih percaya diri, kita harus menjadi diri sendiri. Dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk “Prilly Latuconsina, Cantik dengan Versi Diri Sendiri”, Prilly Latuconsina, seorang aktris ternama, mengatakan, “Di saat aku merasa ada kekurangan, aku memilih lebih fokus pada kelebihan diriku agar bisa membangun kepercayaan diriku.”

Ketika sudah berusaha menerima diri sendiri justru kita berani menunjukkan pada orang lain arti kecantikan sesungguhnya. Sayangnya, tak semua orang bisa mendapatkan rasa percaya diri dengan mudah.

Oleh sebab itu, menurut Psychology Today, ada lima hal yang harus kita lakukan.

1. Menerima Diri Sendiri

Terus-terusan berfokus pada orang lain terkadang bisa membunuh diri sendiri. Secara tak langsung, kita berandai-andai dan ingin menjadi mereka. Terlebih, saat kita melihat para figur publik yang memiliki kecantikan di atas rata-rata.

Alih-alih menyesuaikan dengan kondisi diri, kita justru memaksakan penampilan agar terlihat semirip mungkin dengan mereka. Hal ini lantas terus menjadi adiksi meskipun penampilan itu tak sesuai dengan kita.

Baca juga: Memaknai Definisi Cantik yang Sebenarnya

Untuk mengatasinya, kita perlu membuka dan merangkul seluruh kelebihan serta kekurangan diri. Jangan menyangkal kekurangan yang kita miliki. Memvalidasi kekurangan bisa membuat kita termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Saat berat tubuh berada di atas rata-rata karena obesitas, hal itu adalah kekurangan. Alih-alih menutupinya dengan jargon body positivity, padahal tubuh berisiko lebih tinggi untuk sakit, kita bisa mulai berolahraga agar lebih sehat.

2. Mengurangi Perbincangan Negatif soal Diri

Terkadang, rasa tak percaya diri muncul karena di dalam pikiran ramai kalimat negatif untuk diri sendiri. Misalnya, “Aku tak akan bisa” atau “Aku ‘kan jelek”.

Kalimat seperti itulah yang membuat diri kita terjebak di zona nyaman. Sebelum bertindak dan memulai, kita lebih dulu takut atas prasangka yang dibuat oleh diri sendiri. Padahal, kita sama sekali belum mencoba.

Pikiran-pikiran negatif itu harus dikurasi dengan metode mindfulness, yaitu mengurangi asumsi-asumsi buruk pada peristiwa yang belum terjadi. Alih-alih berbicara negatif, kita bisa memberikan dukungan pada diri sendiri untuk mencoba hal baru.

Jika perlu, pujilah diri sendiri, baik itu bakat atau pun penampilan, di depan kaca untuk meningkatkan rasa percaya diri.

3. Memaksimalkan Kelebihan Diri

Daripada berfokus pada kekurangan diri, kita justru bisa meningkatkan potensi yang dimiliki. Ingatlah bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com