Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi SuperOcean Baru dari Breitling, Mengenang Warisan Perusahaan

Kompas.com - 06/07/2022, 11:13 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak akhir 1930-an, Breitling sudah dikenal sebagai pembuat jam yang berhubungan dekat dengan dunia penerbangan.

Ketika itu, Breitling memasok jam kokpit analog untuk beberapa pesawat andalan Royal Air Force, seperti pesawat tempur Spitfire dan pesawat pengebom Lancaster.

Watchmaker Swiss tersebut juga memproduksi kronograf onboard untuk penyedia pesawat terbang semacam Boeing, Lockheed, dan Douglas pasca berakhirnya Perang Dunia II.

Namun pada pertengahan 1950-an, Breitling mulai membuat jam tangan selam. Koleksi jam tangan selam pertama itu dinamai SuperOcean.

SuperOcean menjadi lini kedua yang diandalkan Breitling, di samping koleksi jam tangan pilot andalan perusahaan, Navigation Timer atau disingkat Navitimer.

Baca juga: Breitling Rayakan 70 Tahun Navitimer dengan 14 Koleksi Baru

Seiring perkembangan waktu, SuperOcean terus berevolusi dengan desain yang kontemporer dan lebih modern.

Akhir Juni kemarin, pembuat jam ini melepas beberapa model SuperOcean terbaru yang terinspirasi dari salah satu desain vintage perusahaan di tahun 1965, SuperOcean Slow Motion.

Sejarah SuperOcean Slow Motion

Pada 1960-an, orang-orang mulai mengenal olahraga scuba diving berkat sosok bernama Jacques Cousteau, perwira Angkatan Laut Perancis, penjelajah, ahli kelautan (oseanografer), dan peneliti.

Cousteau kerap dijuluki sebagai salah satu bapak scuba diving lantaran penemuan aqualung, alat bantu pernapasan khusus berbentuk tabung yang berfungsi menampung oksigen untuk scuba diving.

Teknologi aqualung membuat penyelam dapat menyelam jauh tanpa harus selalu dekat dengan kapal.

Berkat temuan Cousteau itulah, orang dapat melakukan penelitian ilmiah, mengamati satwa laut, membersihkan sampah di laut, hingga melakukan ekspedisi bawah laut.

Breitling SuperOcean Slow Motion Breitling SuperOcean Slow Motion

Kisah Cousteau tersebut menginspirasi Breitling untuk mendesain model SuperOcean pertama.

Tujuan Breitling bukan sekadar menciptakan SuperOcean sebagai tool watch (jam tangan untuk kebutuhan tertentu), namun juga membuat jam tangan itu tampak bergaya.

Dalam menciptakan SuperOcean pertama, desainer Breitling menghilangkan berbagai fitur yang tidak mendukung kebutuhan penyelam di bawah air.

Cincin atau ring yang diletakkan di tepi dial bernuansa kontras dari bagian tengah. Ring itu menampilkan skala atau indikator menit.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com