Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Pendidikan Karakter Orangtua untuk Tumbuh Kembang Anak

Kompas.com - 08/07/2022, 17:00 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Festival Generasi Pancasila dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila, Hari Keluarga Nasional, dan Hari Anak Nasional pada Selasa (05/07/2022).

Mengusung tema “Pelajar Pancasila Bangga Punya Pancasila”, acara ini menghadirkan sejumlah agenda menarik dan bermanfaat untuk anak-anak.

Ada tiga kelas yang disediakan untuk anak jenjang PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA/SMK yaitu Kelas Generasi Dongeng, Kelas Generasi Kreatif, dan Kelas Generasi Mandiri. 

Dalam momen ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim juga mengingatkan pentingnya pendidikan karakter yang ditanamkan oleh orangtua di rumah.

“Perilaku yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila perlu menjadi kebiasaan, dan kebiasaan itu harus mulai dibangun sejak dini, mulai dari rumah,” pesannya saat membuka acara yang digelar online itu. 

“Saya berpesan kepada Ibu dan Bapak orangtua agar terus menjadikan lingkungan rumah sebagai ruang belajar yang aman untuk anak-anak kita,” ujar founder Gojek ini.

Baca juga: Anak Tertutup dan Sulit Bergaul, Apa yang Perlu Dilakukan Orangtua?

Psikolog Ayoe Soetomo, yang hadir sebagai salah satu narasumber, menjelaskan peran keluarga, khususnya dalam hal ini orangtua, sangatlah penting dalam tumbuh kembang seorang anak .

“Peran keluarga dalam tumbuh kembang anak tentunya sangat besar sekali, karena semuanya dimulai dari keluarga," terangnya.

Menurutnya, orangtua maupun keluarga perlu memiliki konsep tentang bagaimana membesarkan anak dan membawa kehidupannya menjadi lebih bernilai.

"Harapannya nilai tersebut adalah nilai kebaikan seperti nilai Pelajar Pancasila,” ucap Ayoe.

Ia menguraikan, profil Pelajar Pancasila, berdasarkan karakter Pancasilais, perlu menjadi pondasi bagi setiap keluarga agar dapat menjadi generasi yang sehat, cerdas, berprestasi, kreatif, dan mandiri.

“Semuanya memang mulai dari keluarga. Keluarga memberikan contoh yang baik, implementasi dengan nilai-nilai yang baik, sehingga kebiasaan-kebiasaan baik itu akan tumbuh pada anak,” tutupnya.

Orangtua juga diminta tetap semang untuk belajar termasuk mencari tahu kemampuan anak dan informasi yang tepat untuk mendampingi anak.

Baca juga: Pentingnya Keterlibatan Orangtua bagi Perkembangan Psikologis Anak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com