Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Kembali Gunakan Jersey Hijau di Piala Dunia 2022

Kompas.com - 11/07/2022, 16:16 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Meksiko akan kembali mengenakan jersey kandang berwarna hijau untuk bertanding di laga Piala Dunia 2022 mendatang.

Dilaporkan Mexican Football Federation dan Adidas beberapa waktu lalu, kit baru itu diresmikan pada hari Senin (11/7/2022), bertepatan dengan pertandingan antara timnas putri Meksiko melawan timnas Amerika Serikat di CONCACAF W Championship, pertandingan kualifikasi untuk Piala Dunia 2023.

Untuk diketahui, timnas Meksiko sebenarnya memang memiliki jersey kandang berwarna hijau, yang telah digunakan sejak Piala Dunia 1958. Kendati demikian, Meksiko memilih jersey bertema hitam dan pink bernama "Rosa Mexicano” pada musim lalu.

Jersey timnas Mexico dari adidas Jersey timnas Mexico dari adidas
Soal desain, jersey baru dengan warna “kelly green” ini dilengkapi dengan garis zig-zag tipis berwarna hitam yang terpancar dari leher dan terinspirasi dari Quetzalcoatl, salah satu dewa utama bangsa Aztec, warga asli Meksiko.

Dikutip dari The Athletic, Quetzalcoatl digambarkan sebagai ular besar dengan bulu-bulu di lehernya.

Garis zig-zag pada jersey itu melambangkan “copilli” atau sebuah hiasan kepala berbulu asal Spanyol, yang menggambarkan kekuatan religius dan mulia dalan budaya Meksiko kuno.

Jersey ini juga memiliki leher bulat lengkap dengan garis merah dan bagian belakang yang menyerupai bulu Quetzalcoatl.

Jersey timnas Mexico dari adidas Jersey timnas Mexico dari adidas
"Untuk jersey kandang musim ini yang akan digunakan pada pertandingan terbesar mendatang, kami ingin menangkap semangat bangsa dengan desain yang sangat erat kaitannya dengan budaya Meksiko,” ujar desainer produk senior Adidas James Webb dalam rilisnya kepada The Athletic.

"Bagian kepala dan hiasan kepala berbulu dari dewa Aztec Quetzalcoatl ditampilkan pada jersey yang juga akan dilengkapi dengan emblem baru. Kami berharap, ini akan membantu membangkitkan semangat penggemar dan pemain saat mereka menemui lawan terberatnya,” lanjut Webb.

Timnas putra Meksiko sendiri akan membuka Piala Dunia 2022 di Qatar dengan melawan Polandia pada 22 November mendatang.

Baca juga: Jersey Baru Barcelona, Kenang Olimpiade 1992

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com