Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2022, 17:01 WIB
TANYA PAKAR,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Konsultasi Tanya Pakar Parenting

Uraikan lika-liku Anda mengasuh anak jadi lebih simpel

Kenali soal gaya asuh lebih apik lewat konsultasi Kompas.com

Narasumber: Psikolog Ajeng Indri Hastuti, M.Psi.,

TANYA:

Saya ibu dari anak berusia 2.5 tahun. Dia lahir hanya beberapa bulan sebelum pandemi mulai. Saya ingin bertanya, apa saja poin penting dan detail yang harus saya pertimbangkan untuk memilih PAUD atau playgroup untuk anak saya? Lalu bagaimana cara menentukan kapan waktu yang tepat bagi anak saya untuk memulai sekolah formal? Terima kasih untuk masukannya.
Olivia – Depok

JAWABAN :
Halo Ibu Olivia, terima kasih atas pertanyaannya.

Poin penting yang harus dipertimbangkan untuk memilih playgroup?

Baca juga: Tahap dan Jadwal Pendaftaran PPDB PAUD, SLB dan PKBM DKI Jakarta 2022

Psikolog Ajeng Indri Hastuti M.PsiDok pribadi Psikolog Ajeng Indri Hastuti M.Psi
Playgroup merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada dalam jenjang PAUD. Umumnya, anak yang masuk ke playgroup ini berusia 2-4 tahun. Fokus utama pengembangan pada jenjang ini adalah meningkatkan ketertarikan anak menambah pengetahuannya tentang berbagai hal baru dari lingkungan, membiasakan diri berada dalam situasi dengan kegiatan yang terstruktur agar ia bisa belajar untuk mendengarkan penjelasan orang lain, mengikuti instruksi, bersedia untuk mengerjakan tugas hingga selesai.

Selain itu, pengembangan juga diharapkan dapat menyasar pada kemampuan motorik anak, di mana anak dapat nyaman bergerak dan siap melakukan eksplorasi di lingkungan tanpa hambatan.

Playgroup juga bisa menjadi sarana untuk mengembangkan keterampilan sosial anak yaitu anak mulai mengenal teman seusianya, mampu berinteraksi dengan teman seusianya secara individual maupun kelompok, belajar berbagi, dan memahami aturan sosial yang ada di lingkungan.

Baca juga: 6 Cara Membantu Anak supaya Mendapat Teman di Sekolah

 

Penting bagi anak untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan sebagai dasar untuk menunjang kegiatan belajar dengan tuntutan yang lebih tinggi nanti. Pada usia ini, cara belajar yang paling mudah dipahami oleh anak adalah melalui metode bermain.

Pada dasarnya, playgroup merupakan tempat awal anak untuk mulai mengembangkan kemampuan-kemampuan yang telah disebutkan di atas, tanpa tuntutan anak harus bisa sudah memiliki kemampuan-kemampuan tertentu sebelum masuk ke dalam playgroup. Dengan begitu, Bunda/Ayah dapat memilih playgroup yang memiliki metode belajar sesuai dengan usia anak saat ini dan dapat memfasilitasi anak untuk mengembangkan dirinya.

Cara menentukan waktu yang tepat bagi anak untuk memulai sekolah formal?

Berbicara mengenai sekolah formal, terdapat beberapa kemampuan dasar belajar yang perlu dimiliki agar ia siap mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah dasar.

Salah satunya adalah kemampuan anak untuk memahami perbedaan bentuk-bentuk sederhana seperti bentuk geometri dasar, bentuk huruf, dan bentuk angka sebagai dasar ia belajar membaca dan berhitung kelak.

Baca juga: Apa Tindakan Orangtua Ketika Mengetahui Anak Dirundung di Sekolah?

 

Selain itu, kemampuan yang tidak kalah penting yang perlu dimiliki anak adalah kemampuan untuk duduk diam, mengarahkan perhatian pada instruksi guru, memahami instruksi dan melaksanakan tugas/kegiatan hingga selesai sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Diharapkan, anak juga sudah luwes dan percaya diri untuk berinteraksi dengan teman seusianya dan guru sehingga ia lebih mudah beradaptasi di lingkungan baru dan dapat mengikuti semua kegiatan belajar di sekolah dengan minim kendala.

Rata-rata anak sudah memiliki kemampuan dasar untuk sekolah formal ini di usia 7 tahun. Tidak menutup kemungkinan bahwa anak sebelum usia 7 tahun sudah matang dan dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah formal. Untuk mengetahui kesiapan anak mengikuti sekolah formal sebelum usia 7 tahun, bunda/ayah dapat melakukan evaluasi perkembangan ke psikolog.

Berikut jawaban dari saya, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih..

Psikolog : Ajeng Indri Hastuti, M.Psi.
Tempat Praktik: Dealink Consultant

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com